Wabup Ciamis Lepas Rombongan Konvoi Bus IPOPTI




Ciamis, (kawalitv.com). 

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra melepas rombongan konvoi bus pariwisata yang tergabung dalam Ikatan Perusahaan Otobus Priangan Timur (IPOPTI) di halaman Tourism Information Center (TIC) Ciamis, Sabtu(11/07).

Sebanyak 24 bus dari berbagai perusahan bus se-Priangan Timur mengikuti konvoi menuju objek wisata Pantai Pangandaran. Pada pelaksanaanya kapasitas bus hanya diisi sebanyak 50% sesuai dengan ketentuan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru.


Seperti dilansir kawalitv.com dari Humas Ciamis, sebelum melepas konvoi bus pariwisata, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra memberikan sambutan kepada para pengusaha Otobus dan wisatawan.

Yana mengatakan, Pandemi COVID-19 selain berdampak pada kesehatan juga terasa di sektor Pariwisata dengan dikeluarkannya kebijakan dirumah saja dalam upaya antisipasi COVID-19 di beberapa bulan kebelakang.


"Sejak maret, hampir seluruh wisata tutup, hal tersebut sangat berdampak secara ekonomis kepada pelaku wisata. Khususnya perusahaan yang mengelola bus wisata," katanya.

Yana menerangkan, saat ini telah memasuki new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), perlu adanya inovasi dan produktivitas lebih baik lagi dalam membangun perekonomian salah satunya di sektor pariwisata.

"AKB bukan berarti kembali ke situasi semula dimana  tidak ada COVID-19. Namun harus membiasakan diri saat beraktivitas diluar dengan menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing (jaga jarak)," jelasnya.

Menurutnya,  trend COVID-19 di Indonesia belum menurun, masih ada beberapa kenaikan. Namun aktivitas ekonomi harus tetap berjalan.

"Suatu kebanggan bagi Ciamis disinggahi oleh IPOPTI, mudah-mudahan menjadi motivasi, semangat dan spirit pariwisata di Kabupaten Ciamis dan di Priangan Timur untuk bangkit kembali," terang Yana.

Ia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Ciamis secara terbuka memberikan kesempatan untuk pengusaha yang ingin berinvestasi. "Ciamis memiliki destinasi wisata yang layak untuk ditawarkan kepada wisatawan dan sangat memungkinkan untuk dipromosikan," ungkapnya.

Yana menambahkan bahwa ekonomi pariwisata harus bangkit tapi harus aman dari COVID-19, dalam pelaksanaannya protokol kesehatan harus tetap dijalankan.

Sementara itu, Ketua IPOPTI Asep Purnama menyampaikan, tujuan dilakukannya konvoi bus IPOTI dalam rangka sosialisasi wisata di era new normal. 

"Selama hampir 5 bulan kebelakang perusahaan bus wisata mengalami pelemahan ekonomi karena tidak melaksanakan aktifitas. Juga perusahaan bus tidak jalan," tuturnya. 

Asep menjelaskan, dengan sosialisasi yang dilakukan hari ini diharapkan memberikan kepercayaan kepada masyarakat di jalur Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran, bahwa berwisata sudah bisa dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Semua armada diturunkan agar masyarakat mulai bisa berwisata dengan rasa aman dengan izin Pemerintah.

"Setelah pandemi berakhir semoga wisata bisa kembali bangkit, semua sektor ekonomi di pusat wisata dan oleh-oleh sangat terasa dampaknya," imbuhnya 

Ihwal Agen Wisata, di Priangan Timur semua Biro Agen semangat membuka wisata lagi, dengan harapan rasa gemilang wisata bisa bangkit secepatnya.

"Mudah-mudahan pariwisata di Priangan Timur bisa berkolaborasi dengan pemerintahan setempat. Termasuk Ciamis yang memiliki berbagai spot wisata yang potensial,"ucapnya(ak/kawalitv.com).
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA