Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Koramil Alas dan Masyarakat Petani Bersihkan Saluran Irigasi

 

Sumbawa – Musim hujan merupakan musim tanam bagi para petani, hal ini kemudian dimanfaatkan untuk bergotong royong membersihkan saluran irigasi sepanjang 3 km di Desa Juran Alas Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa, Kamis (6/2).


Gotong royong yang dipimpin Babinsa Jura Alas Koramil 1607-04/Alas Sersan Dua Musa bersama kelompok tani Orong Rea dan GP3A (Gabungan Perkumpulan Pemakai Air) serta DAS (Daerah Aliran Sungai) Marente kompleks terlihat semangat dan bahu membahu membersihkan saluran air dari tumpukan sampah maupun sedimentasi tanah dipinggir saluran irigasi.


Saluran iringasi Orong Rea ini akan mengairi lahan pertanian milik 18 Poktan seluas 248 hektar dan seluruh wilayah Kecamatan Alas yang dieprkirakan seluas 500 hektar.


Terkait dengan itu, Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., memberikan apresiasi kepada anggota jajarannya bersama kelompok tani maupun masyarakat dan instansi terkait yang bersinergi membersihkan saluran irigasi untuk pertanian.


“Ini upaya yang bagus untuk mendukung peningkatan produk pertanian, apalagi sekarang musim hujan, air akan berlimpah,” ujar Dandim.

Dijelaskannya, program swasembada pangan merupakan program pemerintah yang tertuang dalam program Nawacita sehingga harus kita dukung bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya di Provinsi NTB.

“Mari kita bangun sinergitas yang baik untuk mewujudkan swasembada pangan menuju ketahanan pangan nasional,” pungkasnya.

Gotong royong pembersihan saluran irigasi sekunder juga dihadiri Staf Desa Juran Alas, Dinas PU pengairan wilayah Kecamatan Alas dan para petani Orong Rea.**Fadli Batubara
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA