Dandim Sumbawa : "Breakthrough Terowongan Pengelak Bendungan Beringin Sila Dibangun Guna Suskeskan Swasembada Pangan



Sumbawa - Hari ini, Kamis (30/1) breakthrough terowongan pengelak bendungan Beringin Sila yang terletak di Desa Motong Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa diresmikan Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baky Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI Ir. Iriandi Afrizal.

Acara peresmian tersebut di tandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baky Ditjen Sumber Daya Air didampingi Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc., Dandim 1607/Sumbawa Letkol Samsul Huda, SE.M.Sc., Kepala BWS NT I Dr. Hendra Ahyadi, ST. MT., Kadis PUPR Provinsi NTB Ir. H. Lalu Ashar, FKPD Kabupaten Sumbawa dan menyaksikan video proses penembusan terowongan pengelak bendungan Beringin Sila.

Bendungan tersebut menurut Dandim Sumbawa, sebagai saluran alternatif apabila debit air di bendungan utama yang saat ini masih dalam proses pembangunan melebihi kapasitas sehingga proses pembangunan bendungan utama dapat berjalan sesuai rencana.

"Progres pembangunan fisik bendungan utama direncanakan akan tuntas pada tahun 2022," ujar Dandim.

Selain itu, mantan Danyonif RK 744/SYB juga menyampaikan semoga bendungan Beringin Sila dapat  dimanfaatkan sesuai tujuan untuk mengairi lahan pertanian baik sawah maupun ladang sekaligus mendukung program swasembada pangan selain itu juga kita harapkan akan mampu menampung dan  mengatur debit ari guna mengantisipasi banjir pada saat musim hujan.

"Bendungan ini kedepan juga diharapkan bisa dimanfaatkan untuk daerah wisata terutama bagi masyarakat lokal," tutupnya.

Sementara Bupati Sumbawa Mengucapkan rasa syukur atas pembangunan bendungan dan memberikan apresiasi kepada TNI Polri, dalam hal ini Kodim 1607/Sumbawa dan Polres Sumbawa yang telah membantu pengamanan selama proses pembangunan bendungan hingga bisa diresmikan seperti sekarang ini.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA