TINGKATKAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM MENCEGAH ANCAMAN NARKOBA

CIAMIS,- Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dewasa ini sangat mengkhawatirkan, merambah ke berbagai wilayah tanpa batas, dengan sasaran target tanpa pandang bulu, bukan hanya di perkotaan saja malinkan sudah masuk ke pelosok perkampungan.

Menyikapi hal dimaksud dibutuhkkan peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), sebagaimana disampaikan Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, Deny Setiawan, S.Sos. MM., saat memberi paparan pada kegiatan workshop pengembangan kapasitas di lingkungan masyarakat, bertempat di Aula Desa Mandalare Kecamatan Panjalu Ciamis, Selasa (30/08/2016).

Ia menambahkan, salah satu ancaman dalam pembangunan adalah perbuatan melawan hukum, seperti halnya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, karena sumber daya manusia (SDM) yang seharusnya berkarya dan berdaya guna, dengan narkoba dapat menghancurkan produktifitas, dan tujuan hidup.

“Untuk itu dibutuhkan peranserta masyarakat dalam upaya P4GN yang sudah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang tertuang dalam pasal 104 – 108 dimana masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya, serta memiliki hak dan tanggungjawab dalam upaya P4GN”. Ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Mandalare, Wahyu, menyambut baik langkah-langkah BNN Kabupaten Ciamis dalam memberikan pemahaman bahaya narkoba kepada masyarakat khususnya warga Desa Mandalare Panjalu.

Ia berharap, informasi bahaya narkoba ini tidak hanya berhenti saat penyuluhan saja, akan tetapi para peserta yang hadir mampu menyebarluaskan informasi ini dimulai dari lingkungan keluarga, dan lingkungan tempat tinggal mengingat permasalahan narkoba merupakan tanggungjawab bersama.

“Keterlibatan berbagai pihak terutama masyarakat dalam menanggulangi masalah narkoba sebagai bentuk komitmen bersama, dari kita oleh kita dan untuk kita lingkungan masyarakat bersih dari ancaman narkoba” Pungkasnya. **BNN Ciamis-ktv

Share:

0 comments:

Post a comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA