DETEKSI DINI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KAWASAN OBJEK WISATA

CIAMIS,- Objek wisata Karangkamulyan merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di  Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis dengan luas kurang lebih 25 Ha. ini menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Galuh, yang sering dikunjungi baik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Menyikapi hal dimaksud, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) menggelar workshop pengembangan kapasitas dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di lingkungan masyarakat kawargian adat situs objek wisata Karangkamulyan Cijeungjing Ciamis, bertempat di Aula Karangkamulyan, Rabu (31/08/2016).
Kegiatan ini diikuti oleh warga sekitar, pelaku usaha, petugas objek wisata, serta kelompok kawargian adat Karangkamulyan, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan daya tangkal dari ancaman narkoba, yang tentunya situs bersejarah ini tidak dinodai oleh oknum yang memanfaatkan lokasi baik menyalahgunakan maupun transaksi narkoba, sebagaimana dituturkan oleh Kasi P2M BNN Kabupaten Ciamis, Deny Setiawan, S.Sos. MM. dalam paparannya.
Ia menambahkan, Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika mengamanatkan peranserta masyarakat dalam upaya P4GN, yang tertuang dalam pasal 104 hingga 108 dimana masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya, serta memiliki hak dan tanggungjawab dalam upaya P4GN.
“Jika masyarakat atau petugas objek wisata mengetahui adanya indikasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, jangan segan dan takut untuk melapor baik ke BNN maupun penegak hukum setempat, karena saksi pelapor dilindungi oleh Undang-undang”. Ungkapnya.
Hal senada disampaikan oleh Ketua Kawargian Adat Karangkamulyan, Sodikin, S.Pd, MM. pihaknya siap bersinergi dengan BNN dalam upaya memerangi narkoba, yang suatu saat dapat mengancam lingkungan baik masyarakat maupun objek wisata yang merupakan kebanggan Warga Tatar Galuh Ciamis.
“Kami bertekad siap mendukung gerakan anti narkoba sebagai wujud peran serta masyarakat, dan berharap kegiatan ini berkesinambungan sehingga informasi terkini tentang narkoba dapat kami pelajari sebagai bentuk kewaspadaan”. Ungkapnya.
Kita semua berharap melalui kegiatan ini menjadikan langkah awal dalam upaya P4GN serta terciptanya masyarakat bersih narkoba.BNN Ciamis-ktv
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA