» » Hanjeli, Jali-jali atau Jawawut adalah tanaman yang jadi nama Pulau Jawa



Hanjeli atau jali-jali atau Jawawut adalah tanaman asli Pulau Jawa, betapa tidak, nama pulau jawa ini berasal dari tumbuhan itu. Saat itu ada pengelana yang sampai di Pulau ini dan dirinya melihat diseluruh pulau terdapat pohon jawawut. Setelah dibuka ternyata isinya bisa dibuat panganan, ini yang membuat banyak orang tertarik.
Jadi untuk itu, mari kita lestarikan tumbuhan ini, jangan sampai tumbuhan yang melegenda ini diaku oleh bangsa lain yang suka hobinya mengaku-ngaku. Kita sebagai bangsa Indonesia, yang merasa memiliki Pulau Jawa, harus peduli terhadap keberadaannya.
Nama Jawa sendiri asal nya tidak begitu jelas. Salah satu pendapat menyatakan bahwa nama Jawa berasal dari nama tanaman jáwa-wut yang memang pada zaman dahulu banyak terdapat di pulau ini. Pendapat lain mengatakan nama pulau ini berasal dari bahasa sanskerta yaitu yava yang berarti tanaman jelai, yaitu tanaman yang membuat nama pulau ini terkenal. Yawadvipa juga disebut dalam cerita rakyat india Ramayana yaitu panglima wanara dari pasukan rama mengirim utusannya ke yawadvipa (Pulau Jawa) utuk mencari Dewi Shinta. Dan dugaan lain nama Jawa berasal dari akar kata dalam bahasa Proto-Austronesia yang berarti rumah.



TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini