Kasiter Korem 162/WB Berikan Materi Ketahanan Nasional dan Bela Negara




Mataram – Kepala Seksi Teritorial Korem 162/WB Letnan Kolonel Arh Budiono memberikan materi pembekalan ketahanan nasional dan bela negara kepada Mahasiswa baru Universitas Mataram di Gedung Auditorium Abu Bakar Unram Mataram, Rabu (10/9).



Meteri pembekalan diberikan kepada 890 Mahasiswa baru dalam Kegiatan Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Mataram Tahun 2019 yang dihadiri para pembina dan pengasuh pada kegiatan tersebut. 



Seusai memberikan materi, Kasiter Korem menyampaikan materi pembekalan tersebut diberikan berdasarkan permintaan dari Rektorat Unram kepada Korem 162/WB khususnya terkait dengan ketahanan nasional dan bela negara dengan harapan para Mahasiswa baru ini mengetahui dan mengerti apa itu ketahanan nasional dan bela negara.


“Terkait dengan Ketahanan Nasional dan Bela Negara sudah diatur didalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang didalamnya juga sudah diatur tentang komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung,” ujar Budi sapaan akrab Kasiter.





Dijelaskannya, Dalam Pasal 9 Undang-Undang tersebut disebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara dimana keikutsertaannya dapat dilakukan melalui pendidikan kewarganegaraan; pelatihan dasar kemiliteran secara wajib; pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib; dan pengabdian sesuai dengan profesi.



“Kita berharap kedepan agar adik-adik Mahasiswa ini menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki integritas, kredibilitas dan profesional menjadi seorang pemimpin yang mampu membangun negaranya dalam persaingan global,” pungkasnya.**Fadli
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA