TMMD 108 Kodim 1628/ Sumbawa Barat Tingatkan Kembali Semangat Gotong Royong Di Tengah Masyarakat

Image
Sumbawa Barat – Pagi itu sangat cerah, di sebuah Dusun terpencil diujung Desa Seminar Salit, seorang pria tua menggunakan topi koboy lengkap dengan baju lengan panjang terlihat mengangkat dan meratakan gumpalan tanah di sebuah lokasi pembanguan sebuah bangunan.




Ia adalah H Sahbantan (65) bekerja sebagai buruh tani warga Dusun Batu Melik Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat.

Ia meratakan gumpalan-gumpalan tanah di area pembangunan sebuah masjid yang dibangun anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 Kodim 1628 Sumbawa Barat.

“Ia selalu aktif membantu TNI dalam setiap kegiatan termasuk pembangunan masjid di dusun ini,” ungkap Kepala Dusun Batu Melik, Saparudin, Jumat (3/7).

Sejak dibukanya TMMD 108, ia bersama anggota TNI dan warga terlihat antusias bersama-sama membangun masjid.

Menggunakan baju lengan panjang yang terlihat lusuh dan memakai masker yang menjadi protokol kesehatan, sebisa mungkin ia menger…

Kasiter Korem 162/WB Berikan Materi Ketahanan Nasional dan Bela Negara




Mataram – Kepala Seksi Teritorial Korem 162/WB Letnan Kolonel Arh Budiono memberikan materi pembekalan ketahanan nasional dan bela negara kepada Mahasiswa baru Universitas Mataram di Gedung Auditorium Abu Bakar Unram Mataram, Rabu (10/9).



Meteri pembekalan diberikan kepada 890 Mahasiswa baru dalam Kegiatan Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Mataram Tahun 2019 yang dihadiri para pembina dan pengasuh pada kegiatan tersebut. 



Seusai memberikan materi, Kasiter Korem menyampaikan materi pembekalan tersebut diberikan berdasarkan permintaan dari Rektorat Unram kepada Korem 162/WB khususnya terkait dengan ketahanan nasional dan bela negara dengan harapan para Mahasiswa baru ini mengetahui dan mengerti apa itu ketahanan nasional dan bela negara.


“Terkait dengan Ketahanan Nasional dan Bela Negara sudah diatur didalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang didalamnya juga sudah diatur tentang komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung,” ujar Budi sapaan akrab Kasiter.





Dijelaskannya, Dalam Pasal 9 Undang-Undang tersebut disebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara dimana keikutsertaannya dapat dilakukan melalui pendidikan kewarganegaraan; pelatihan dasar kemiliteran secara wajib; pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib; dan pengabdian sesuai dengan profesi.



“Kita berharap kedepan agar adik-adik Mahasiswa ini menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki integritas, kredibilitas dan profesional menjadi seorang pemimpin yang mampu membangun negaranya dalam persaingan global,” pungkasnya.**Fadli

Comments

Popular posts from this blog

10 Bunga dan Tanaman Untuk Penangkal Ilmu Santet Atau Mengatasi Ilmu Santet

Bangle, Sang Tanaman Ajaib Anti Bakteri dan Virus

Khasiat daun bidara | mengobati santet | obat ampuh | kapsul Ruqyah | mengobati gangguan jin syetan.