Hablum Minal Alam: Kisah Ratusan Pohon Mahoni di Area Pemakaman Lawong.






Ciamis,(Kawali TV),
Dikisahkan 40 Tahun Silam, diarea pemakaman Lawong yang berlokasi di RT 01 /RW 01  Dusun Lawong Desa Pusakanagara, Kabupaten Ciamis.
Tepatnya di tahun 1980 an,sebanyak 600 pohon Mahoni ditanam diarea pemakaman yang mempunyai luas sekira 500 Bata tersebut atau setara dengan 7000 meter persegi.

      " Waktu itu harga per bibit pohon masih 25 Rupiah." Kenang Tisna(72 tahun)  sesepuh Desa Pusakanagara, yang didampingi oleh Tokoh Masyarakat Desa Pusakanagara ,Gani Pranoto kepada  Kawali TV minggu lalu.
       " Karena kami pada saat itu diamanahi oleh Kang Pee sesepuh Desa ini untuk menjaga lingkungan pemakaman ini, kebetulan saya yang diamanahkan." Kenang Tisna.

 Tisna mengatakan bahwa pohon Mahoni di area pemakaman tersebut hanya boleh ditebang untuk keperluan sosial semata.
        " Tidak boleh untuk kepentingan pribadi,tapi untuk kepentingan sosial seperti pembangunan masjid, jalan dan bahkan tempat saung di pemakaman ini sebagian dananya dari hasil menebang pohon mahoni tersebut."paparnya.
Tisna mengatakan bahwa suasana segar diarea pemakaman ini hasil dari reproduksi oksigen dari tanaman mahoni yang mendominasi area pemakaman tersebut.
     " Bisa dibilang ini Paru -Parunya Desa Pusakanagara. Memang ada juga tanaman Jabon di tanam beberapa tahun lalu,tapi hanya sedikit." Ujarnya.
 Tisna mengatakan bahwa menjaga keberlangsungan alam ini sangat penting .
      " Kalau Bukan Kita Siapa Lagi."ucap Tisna(AK/Kawali TV).


Share:

0 comments:

Post a comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA