Ketua PWI provinsi berharap ANGGOT PWI ikut uji kompetensi

PENGURUS Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. Bandung periode 2017-2020 resmi dilantik di Bale Sawala, Soreang, Kab. Bandung, Jumat (2/11/2018). PWI diharapkan bisa menjadi wadah untuk wartawan yang lebih beretika, profesional dan berwawasan dalam mengadapi tantangan zaman.
Ketua PWI Provinsi Jabar, Mirza Zulhadi mendorong agar pengurus PWI Kab. Bandung mengakomodir para anggotanya untuk diikutsertakan dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal tersebut dinilai penting karena pada 2019 mendatang, Dewan Pers mulai mengeluarkan imbauan bahwa wartawan yang berhak dilayani oleh narasumber adalah yang sudah terverifikasi
"Uji kompetensi merupakan salah satu tolok ukur kualitas seorang wartawan. Sehingga ini penting. Kemudian selain wartawannya, perusahaan persnya pun yang sudah terverifikasi. Ini dilakukan untuk memberikan hasil berita yang berkualitas untuk masyarakat," ujar Mirza.
Mirza yang juga Sekjen PWI Pusat menyebutkan, saat ini ada tiga lembaga yang berhak menggelar uji kompetensi, yakni PWI, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

"Wartawan yang telah lulus uji kompetensi, akan mempunyai produk berita yang baik. Efeknya terasa, ketika teman-teman wartawan sudah lulus UKW akan berdampak terhadap pemberitaan mereka," katanya.
Selain mempunyai efek dalam berita, wartawan yang telah lulus uji kompetensi juga akan mempunyai etika bagus terhadap narasumber. Untuk mewujudkan wartawan yang kompeten, PWI Jabar selama ini telah menggelar UKW sebanyak 23 kali, dan diikuti oleh wartawan dari berbagai daerah di Jawa Barat.
"Sejauh ini PWI Jawa Barat memiliki anggota sebanyak 800 orang wartawan dari berbagai media, baik cetak maupun online. Dan yang sudah lulus UKW baru sekitar 400 anggota," katanya.
Ketua PWI Kab. Bandung, Rahmat Sudarmaji menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas anggotanya. Uji kompetensi menjadi salah satu prioritas dalam pemenuhan kapasitas wartawan di Kab. Bandung.
"Setiap tahun kami akan mengirim wartawan untuk mengikuti UKW. Pada tahun ini Alhamdulillah sudah 11 anggota kami yang ikut UKW. Dan tahun depan kami akan mengirimkan 9 orang anggota untuk ikut serta UKW," ungkap Rahmat.
Pada kesempatan tersebut, selain pelantikan pengurus PWI Kabupaten Bandungn digelar juga orientasi wartawan dengan tema "Membangun Jiwa Wartawan Beretika, Profesional dan Berwawasan."
Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser yang turut hadir mengatakan, Pemkab Bandung menyambut baik upaya dari organisasi kewartawanan di wilayahnya untuk terus meningkatkan kapasitas setiap wartawan.(dado/tedi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA