RAPAT KERJA PROGRAM KEPENDUDUKAN

Pencapaian Target TFR Pemkab Tasikmalaya siapkan 5 kegiatan Strategis.

Displaying warga menyaksikan pembagian kupon sukaraja.jpgKabupaten Tasikmalaya. Kawali TV. Tiga unsur utama IPM ( Indeks Pembangunan Manusia) yakni, Kesehatan,Pendidikan dan ekonomi tidak akan tercapai sesuai dengan yang dharapkan selama masalah kependudukan tidak bias dikendalikan.Masalah kependudukan menjadi salah satu indicator penting bagi peningkatan IPM karena secara implementasi masalah kependudukan memiliki cakupan yang luas terhadap sector pembangunan. Besarnya jumlah penduduk di Kabupaten Tasikmalaya dipengaruhi oleh masih tingginya Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP). Pada tahun 2010 LPP Kabupaten Tasikmalaya masih sebesar 0,99, pada tahun 2013 ada kenaikan LPP menjadi 1.3, serta Total Fartility (TFR) mencapai 2 hingga 3 anak.

Selama ini dalam rangka upaya menurunkan LPP dan TFR,  Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui BPMKB Kabupaten Tasikmalaya terus membidik kelompok generasi muda, keluarga pra sejahtera serta kelompok masyarakat daerah tertinggal, terpencil.Salah satunya dengan menggalakan Program Gerakan Berencana ( Genre), Program edukasi dan advokasi terhadap remaja usia sekolah dan perguruan Tinggi, seperti disampaikan Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum saat membukan Rapat Kerja Daerah Program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga Tahun 2015, bertempat di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna,belum lama ini. “Untuk itu seluruh Stakholder dituntut terus bekerja keras secara sinergis, terarah, tepat sasaran serta berkesinambungan, terutama dengan lebih mengoptimalkan berbagai Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga,”imbuh Bupati. Untuk mencapai target TFR lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mendukung upaya peningkatan jumlah cakupan peserta KB dan KB Mandiri, yang dilaksanakan melalui 5 kegiatan trategis, yaitu Program Pemberdayaan Keluarga, Program KB dan Kesehatan Produksi, Program Kesehatan dan Reproduksi Remaja, Program Penguatan Kelembagaan keluarga kecil Berkualitas, serta Program Pengembangan Sistem Informasi dan Data Mikro Keluarga.

Pada kesempatan sama, dalam sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Dr. Sugilar mengatakan, Rakerda mengusung tiga tujuan Utama, yaitu pertama mengidentifikasi keberhasilan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan. Keluarga Kedua, Mensosialisasikan arah dan kebijakan program-program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga. Ketiga, mendorong terciptanya komitmen operasional dari mitra-motra kerja terkait dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Dr. Sugilar, Kapolres Tasikmalaya AKBP. Susnadi, S.IK, Kepala BPMKB Kabupaten Tasikmalaya Drs. Eddy Nurmana, para Camat, serta para Penyuluh KB dan perwakilan Kader Posyadu di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya.*** ( Rusdianto)
Share:

0 comments:

Post a comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA