MINAT BACA DAN TULIS REMAJA DI ASTANA GEDE KAWALI

Situs Astana Gede Kawali di jadikan tempat mencari inspirasi bagi para remaja yang gemar menulis cerita. Pada tgl 17 mei 2015, sejumlah remaja baik yg masih sekolah SMP, SMA maupun yang sudah Kuliahan, tengah lomba menulis cerita, didahului oleh mendengarkan pencerahan dari para tetua di Gedung Padepokan Seni Kawali, kemudian mereka masuk ke Situs Astana Gede Kawali yang didalamnya sudah siap Day Hendarman Praja, budayawan Kawali,  untuk memberi penjelasan mengenai situasi Situs Astana Gede dan sepitar sejarah Sunda. Para penulis ini tergabung dalam lomba di Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, Kabupaten Ciamis. Hadir disini ketua Forum Yus Rusmana Sudia,  menurut Yus, hasil karya peserta, apapun dan bagaimanapun hasilnya, nanti akan di terbitkan, setelah dikoreksi dan perbaikan,  bersamaan dengan terbitnya buku Situa Astana Gede Kawali karya Day dan Seno.   "Rencana target pas hari jadi Kabupaten Ciamis, buku Astana Gede dan karya peserta akan di launching ke masyarakat, selanjutnya 4 bulan sekali FAM akan menerbitkan buku" ujaryus.
Forum ini adalah Cabang ke empat, pusatnya di Jawa Timur, dan Forum Aktif Membaca ini berdiri sejak 2012, namun di Ciamis baru satu bulan, tepatnya 15 April 2015.
Mengapa Situs Astana Gede Kawali yang dipilih untuk mengawali perjalanan, menurut Yus, Astana Gede Kawali menyimpan banyak prasati dan banyak sejarahnya, kebetulan Yus juga asli Selacai, sehingga dirinya sangat mengenal Kawali dan Situs Astana Gede Kawali.
Tujuan diadakan di Kawali menurut Yus Rusmana adalah untuk membumikan literasi Situs Astana Gede Kawali. Selebihnya pengenalan, promosi dan banyak lagi keperluan yang mungkin bisa diambil salah satunya untuk dijadikan jalan kebaikan.
Day Hendarman Praja mengatakan kepada ktv saat di lokasi, hal seperti ini sangat bagus, karena anak sekolah memang harus tahu sejarah negerinya, apalagi  disini menyimpan batu prasasti dan menyimpan banyak sejarah Sunda.
"Ini bagus ya, disini kan memang tempat mencari inspirasi, tempat sejarah, penyimpan situs sejarah dan budaya, jadi sangat tepat jika siswa-siswi menulis disini, Insya Allah hasilnya baik, asal niatnya juga baik, buat anak sekolah sangat bagus dan harus mengenal Situs Astana Gede Kawali, karena disini merupakan cikal bakal kerajaan besar Pajajaran pimpinan Prabu Siliwangi" pungkas Day ** wan
Share:

0 comments:

Post a comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA