GAPOKTAN WAWAN

Ketua kelompok Tani Cilegi, Wawan

“ KITA HARUS MEROBAH PARADIGMA TENTANG PETANI ”

Kab.Tasikmalaya/Kawali TV. Konsep Gerakan membangun Desa (Gerbang Desa) yang di Gelontorkan Bupati Tasikmalaya,Uu Ruzhanulullum,SE selama ini selaras dengan potensi dan asset alam yang dimiliki Kabupaten Tasikmalaya. Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah Agraris memang sangat cocok dalam pengembangan perekonomian disektor pertanian. Tinggal Pemerintah dan stakeholder sendiri, bagaimana mengoptimalisasikan pemanfaatan potensi pada sektor pertanian yang ada didaerah, baik potensi Sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

Pemanfaatan  potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Tasikmalaya belum sepenuhnya bisa di imbangi pada optimalisasi sumber daya manusianya. Pola pikir petani dewasa ini belum sepenuhnya terbuka, tentang bagaimana  caranya mengelola sumber daya alam yang ada untuk bisa dinikmati dimasa depan? Dewasa ini kaderisasi petani cerdas yang bisa menciptakan sumber perekonomian didaerah  dirasakan sangat langka. Ketua kelompok tani Cilegi, Desa Mandalahayu, kecamatan Salopa,Wawan berpendapat, saat ini dirinya merasa sangat sulit menemukan generasi muda yang mau kembali mengolah lahan pertanian, apalagi sampai bisa menciptakan lahan pekerjaan bagi daerahnya sendiri  dari sector warisan Nenek Moyang ini.

Minimnya generasi  petani yang lahir, menurut Wawan, karena orang tuanya selama ini terbelenggu paradigma tentang profesi petani itu sendiri. Berawal dari orang tualah  yang harus bisa merubah paradigma tentang pertanian pada anaknya “ Orang tuanya tidak berhasil mewujudkan generasi petani. Dalam benak orang tuanya selalu berbicara uang , tidak mau memotivasi anak untuk menciptakan peluang jangka panjang dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dilingkungannya,” ungkap Wawan yang pernah 4 tahun bekerja di perkebunan Karet Bagjanegara. Untuk merangsang minat bertani, saat ini Wawan tengah melakukan terobosan dengan menciptakan lahan pertanian percontohan dengan memanfaatkan tanah kosong dibelakang kantor BPP kecamatan Salopa. *** ( Rusdianto)

Displaying ketua kelompok tani cilegi.JPG
Share:

0 comments:

Post a comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA