TMMD 108 Kodim 1628/ Sumbawa Barat Tingatkan Kembali Semangat Gotong Royong Di Tengah Masyarakat

Image
Sumbawa Barat – Pagi itu sangat cerah, di sebuah Dusun terpencil diujung Desa Seminar Salit, seorang pria tua menggunakan topi koboy lengkap dengan baju lengan panjang terlihat mengangkat dan meratakan gumpalan tanah di sebuah lokasi pembanguan sebuah bangunan.




Ia adalah H Sahbantan (65) bekerja sebagai buruh tani warga Dusun Batu Melik Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat.

Ia meratakan gumpalan-gumpalan tanah di area pembangunan sebuah masjid yang dibangun anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 Kodim 1628 Sumbawa Barat.

“Ia selalu aktif membantu TNI dalam setiap kegiatan termasuk pembangunan masjid di dusun ini,” ungkap Kepala Dusun Batu Melik, Saparudin, Jumat (3/7).

Sejak dibukanya TMMD 108, ia bersama anggota TNI dan warga terlihat antusias bersama-sama membangun masjid.

Menggunakan baju lengan panjang yang terlihat lusuh dan memakai masker yang menjadi protokol kesehatan, sebisa mungkin ia menger…

Batalyon Infanteri 742/SWY Gelar Latihan Uji Siap Tempur Tingkat Peleton di Mekaki

Mataram - Latihan Uji Siap tempur tingkat Peleton merupakan tahapan latihan satuan yang diselenggarakan satuan batalyon infanteri merupakan program tahunan yang dilaksanakan Yonif 742/SWY. Latihan yang melibatkan seluruh personel peleton di jajaran Kompi Yonif 742/SWY tersebut diselenggarakan selama empat hari sejak Kamis kemarin (15/11/2018) di wilayah Sekotong Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.
Danyonif 742/SWY Letkol Inf Agus Prihantio Donny disela-sela latihan menyampaikan latihan ini merupakan program satuan untuk menguji keterampilan tempur tingkat Peleton yang diikuti 306 Orang Prajurit Yonif 742/SWY dari Kompi senapan A, Kompi Senapan B dan kompi senapan C.
"Berbagai macam materi taktik diantaranya , Wandangran ( Perlawananan Penghadangan Kendaraan),Wandanglanki( Perlawanan Penghadangan jalan Kaki),Penghadangan, Sermukim (serangan pemukiman), Penyergapan Pemukiman, Pencarian dan Pembersihan serta menembak taktis Latihan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan, kerjasama serta pemahaman taktik tingkat perorangan sampai dengan tingkat peleton senapan,untuk lebih realistis Penyelengara latihan menyiapkan pendukung sebagai bulsi serta dilaksanakan dimedan yang menyerupai situasi sebenarnya," jelas Donny.
Menurutnya, latihan merupakan salah bentuk kesejahteraan bagi Prajurit yang diberikan pimpinan. Oleh karena itu sambungnya, Prajurit selain jago dalam berperang, juga dituntut jago bela diri, jago tembak dan fisik yang prima sehingga Prajuritnya harus memiliki kriteria tersebut.
Donny berharap, hasil selama melaksanakan latihan ini dapat menambah semangat Prajuritnya untuk terus belajar dan berlatih sehingga siap menyonsong tugas kedepan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Terpisah Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.han., menjelaskan latihan satuan sesuai Program latihan standarisasi dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut mulai dari latihan perorangan, Latihan satuan hingga  latihan antar kecabangan.
"latihan Proglatsi yang ada di satuan Yonif mulai dari latihan perorangan, latihan tingkat Regu, tingkat Peleton, tingkat Kompi dan Tingkat Batalyon dan masing-masing tingkatan ada ujiannya," ungkap Ahmad Rizal.
Dikatakannya, Prajurit Yonif 742/SWY harus mampu menerapkan teknik dan taktik pertempuran secara benar dan disiplin di medan latihan sehingga akan terbawa pada saat pelaksanaan tugas di medan pertempuran yang sebenarnya.
Untuk itu lanjutnya, Komandan Latihan bersama para penyelenggara harus betul-betul mengawasi dan mengevaluasi setiap pelaksanakan latihan tahap demi tahap untuk mencapai hasil yang maksimal.
Selain menggelar latihan UST (uji siap tempur Ton) , Yonif 742/SWY juga akan melaksanakan karya bhakti reboisasi berupa penanaman 200 bibit pohon trembesi dan pohon sengon di daerah latihan bersama warga Dusun Pelangan Timur dan Barat yang didukung oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Lobar.**Twinbot

Comments

Popular posts from this blog

10 Bunga dan Tanaman Untuk Penangkal Ilmu Santet Atau Mengatasi Ilmu Santet

Bangle, Sang Tanaman Ajaib Anti Bakteri dan Virus

Khasiat daun bidara | mengobati santet | obat ampuh | kapsul Ruqyah | mengobati gangguan jin syetan.