Manfaat Pandan Wangi untuk Kesehatan


Daun Pandan WangiSudah lama daun pandan wangi dijadikan sebagai bahan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini beberapa resep pengobatan menggunakan daun pandan wangi.

1. Mengobati rematik

Rematik adalah penyakit yang umum diderita oleh orang tua. Nah, orang-orang zaman dulu saat terserang rematik menggunakan daun pandan wangi untuk mengatasinya.

Caranya, ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

2. Mengobati pegal linu

Pekerja keras biasanya sering mengalami badan pegal linu. Namun, jika di dekat rumah Anda terdapat tanaman pandan wangi, bisa digunakan untuk mengobati pegal linu lho.

Caranya, sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

3. Mengobati lemah saraf

Ambil 3 lembar daun pandanwangi, cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas setiap kali minum.

4. Mengatasi gelisah

Seringkali seseorang terkena masalah emosional sehingga merasa gelisah. Biasanya saat malam hari. Jika Anda mengalami hal ini, ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai merasa tenang.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk Anda yang menderita hipertensi alias tekanan darah tinggi, daun pandan wangi bisa digunakan untuk mengatasinya. Caranya, ambil beberapa lembar daun pandan wangi kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

6. Menambah nafsu makan

Ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.  by internet
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA