Kampung Ramadan 1445 di Gada Membaca

 


Datangnya bulan suci Ramadan menjadi momentum bagi pengelola komunitas Gada Membaca untuk mengadakan berbagai kegiatan pelibatan masyarakat dengan mengajak stakeholder terkait yang memiliki komitmen dalam memajukan masyarakat melalui transformasi perpustakaan.


Ahad, 10 Maret 2024 telah dilaksanakan persiapan Kampung Ramadan 1445 H secara hybrid. Kegiatan ini dihiasi dengan semangat dan kolaborasi antara berbagai pihak panitia yang terlibat yaitu, relawan Komunitas Gada Membaca, Pustakawan Cilik (kelas 4, 5, dan 6 MI Winduraja), serta tim relawan Pelita Intan Muda cabang Ciamis dan Pangandaran.



Berbagai kegiatan Kampung Ramadan 1445 H, yang dapat diikuti masyarakat gratis. Diantaranya; mengenal sejarah melalui game edukasi Mumtaz (Muhammad Teladan Sepanjang Zaman), lomba menulis untuk tingkat SD/MI, gebyar mewarnai untuk tingkat PAUD, TK, dan RA, pelatihan menulis bagi masyarakat dan mahasiswa, apresiasi khusus untuk pengunjung yang rajin berkunjung dan meminjam buku (tercatat secara otomatis pada aplikasi SLiMS), lomba membaca, dan cerdas cermat spontan, 

Webinar bagi Pustakawan Cilik tentang "Menjadi Pustakawan Cilik yang Siap Mengajak dan Melayani Teman-teman ke Perpustakaan" bersama Wina Erwina, Ph.D (kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan UNPAD), Forum diskusi tentang "Organisasi dan Kepemimpinan" bersama Drs. Yayan Heryana, serta bermain dan belajar bersama Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 1 Kawali, yang akan menambah nilai edukatif dan inspiratif dalam menyambut bulan suci Ramadan. Lomba pukul bedug untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs dan pengunjung dapat bermain perahu angsa sambil menimati alam bebas.

Selain itu, ada juga kegiatan sosial seperti galang donasi untuk finishing toilet dan tempat wudhu ramah yang kini sedang berproses pembangunannya, berbagi takjil setiap Jumat sore yang mudah-mudahan akan memperkuat semangat kepedulian dan kebersamaan dalam menjalankan nilai-nilai Ramadan.

Pembukaan Kampung Ramadan secara resmi dijadwalkan pada tanggal 15 Maret 2024, bersamaan dengan gebyar lomba mewarnai tingkat PAUD/TK/RA. Hal ini menjadi sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh semua pihak yang terlibat dalam persiapan. Kami menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah dan akan mendukung jalannya kegiatan ini. Harapannya semoga Kampung Ramadan dapat menjadi wahana yang bermakna, bermanfaat dan penuh keberkahan bagi masyarakat.

*** Naufalia Qisthi, relawan Komunitas Gada Membaca.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA