Diskusi "Organisasi, Kepemimpinan dan Kewirausahaan" bersama Hj. Epon Hanafiah, ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI)

Forum Diskusi "Organisasi, Kepemimpinan dan Kewirausahaan" Bersama Hj. Epon Hanafiah, ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kecamatan Kawali, Dr. Hj. Tete Tejaningsih, M.M., dan Drs. Yayan Heryana, digelar di komunitas Gada Membaca, Sabtu 23 Maret 2024.

Kegiatan diskusi diikuti 71 orang, dari berbagai  latar belakang; pelajar, mahasiswa,  pegiat literasi, guru,  tokoh masyarakat, pengusaha dan masyarakat umum lainnya yang mengikuti secara daring via Zoom.

Dalam paparannya  Hj. Epon Hanafiah (79) menceritakan pengalam dalam merintis usaha LPG, menghadapi setiap langkah dengan proses, perjuangan, dan doa. Tantangan dan kesulitan dianggapnya sebagai pembelajaran, bukan beban. Ia menegaskan pentingnya menjaga semangat, harapan, dan cita-cita dalam meraih kesuksesan. Lebih lanjut, ia mendorong untuk niatkan segala usaha demi meraih ridha Allah, sehingga setiap langkah memiliki makna dan memberikan berkah.

Sementara Dr. Hj. Tete Tejaningsih, M.M., mantan kabag organisasi Setda Kabupaten Ciamis, menekankan empat fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian) sebagai kunci keberhasilan organisasi. Kepemimpinan dipandangnya sebagai komponen krusial, sementara kewirausahaan juga dianggap penting dalam membawa perubahan positif bagi organisasi.

Drs. Yayan Heryana menyoroti pentingnya anak muda untuk mengikuti organisasi, memiliki kapabilitas, dan kredibilitas, untuk menyebarluaskan manfaat kepada sesama. Dengan menjadi bagian dari organisasi dan memiliki kualitas yang baik, seseorang dapat lebih efektif dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Moh. Ripqi Mustopa, mahasiswa Universitas Siliwangi, yang mengikuti kegiatan mengatakan semua narasumber Forum Diskusi yang diselenggarakan oleh komunitas Gada Membaca, Kawali, Ciamis ini, sangat kompeten di bidangnya, dengan menceritakan pengalamannya baik dalam menjalankan usaha, memimpin organisasi, sehingga memberikan motivasi dan inspirasi bagi saya, baik dalam  berorganisasi, mengambil keputusan dan harus berani untuk memulai sebuah usaha.

Forum Diskusi ini merupakan rangkaian kegiatan  kampung Ramadan 1445 H Komunitas Gada yang melibatkan multi stakeholder yang memiliki komitmen untuk memajukan masyarakat dengan beragam kegiatan yang dapat diikuti secara gratis oleh masyarakat.

Camat Kawali, Sutiaman S.IP., yang turut hadir dalam diskusi ini, bersyukur kegiatan Kampung Ramadan 1445 H, mendapat sambutan baik dari  peserta yang ikut serta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Ciamis.***Naufalia Qisthi, relawan Komunitas Gada Membaca

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA