Kodim Dompu Siap Sukseskan Reboisasi Lahan dan Hutan Banggo




Dompu – Kondisi lahan dan hutan di Kabupaten Dompu khususnya di Desa banggo Kecamatan Manggalewa mendapat perhatian dari Kementerian Kehutanan RI dengan melakukan program rehabiltasi lahan dan hutan (RLH) yang melibatkan semua komponen masyarakat, salah satunya Koramil 1614-06/Manggalewa.

Hal itu dikatakan Komandan Kodim 1614/Dompu Letnan Kolonel Inf Ali Cahyono, S.Kom., disela-sela kesibukannya di Makodim Dompu. Dijelaskannya, luas lahan yang akan ditanami dengan berbagai pohon sekitar 351 hektar hingga Januari 2020 mendatang dengan melibatkan Koramil dan Polsek Manggelewa, Pemerintah Desa Banggo, anggota KPH Manggelewa, anak-anak sekolah dan masyarakat pengelola lahan di So Nteko Dungga Dusun Mpongge Desa Banggo Kecamatan Manggelewa.


“Hari ini dilaksanakan penanaman secara simbolis beberapa jenis bibit pohon seperti nangka, kemiri, durian dan mahoni,” ujar Dandim. 


Dalam pelaksanaannya, lanjut Dandim, Kementerian Kehutanan bekerjasama dengan CV. Johar Putra selaku penanggung jawab rehabilitasi lahan dan hutan memberikan bibit pohon untuk ditanam sendiri oleh masing-masing petani pengelola lahan dengan harapan pada Januari mendatang, semua lahan dan hutan sudah selesai di reboisasi. 


Terkait dengan program RLH, pihaknya siap memberikan bantuan dan dukungan untuk mensukseskan penghijaun lahan dan hutan sehingga lahan dan hutan kembali terlihat hijau dan tidak gersang pada musim kemarau.


Selain itu, Dandim juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga, merawat dan mengawasinya agar pohon bisa tumbuh mengingat sekarang waktu yang tepat (musim hujan-red) untuk penamanan.


“Mari kita jaga dan merawatnya untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.**Fadli Batubara
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA