» » LOMBA BASA SUNDA SMAN 1 KAWALI

Demi cita-cita melestarikan seni budaya Sunda Teater Jagat yang di pimpin oleh ketuanya Fahri Ramadan, mengadakan lomba bahasa Sunda pada hari minggu 18 Januari 2015, bertempat di lingkungan SMAN 1 Kawali. Mata lomba meliputi lomba pupuh, baca sajak dan ngadongeng. Peserta  yang ikut lomba dari tingkat SD dan SMP dengan total sekitar 60 orang, kesemuanya dari Ciamis Utara. Menurut Fahri, lomba ini bertujuan untuk melestarikan seni sunda yang sudah mulai punah dan sebagai ajang promosi SMAN 1 Kawali untuk tahun ajaran baru nanti.
“lomba ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya Sunda yang sudah mulai punah, selain itu sekarang anak muda jarang yang mengenal budaya-budaya Sunda, untuk itu kami mengadakan agar mereka tetep mengenal dan mau melestarikan seni budaya Sunda tersebut” akunya kepada kawalitv.
Meta liana selaku peserta lomba pupuh dari SMPN 1 Kawali mengaku senang dengan  adanya acara seperti ini, karena acara ini untuk ajang apresiasi seni budaya Sunda. Selanjutnya Meta berharap kedepan akan lebih baik dan banyak pesertanya, supaya mampu menjadi ajang unjuk kabisa, ajang apresiasi dan untuk pelestarian seni Budaya Sunda.
“saya senang ada acara seperti ini, semoga kedepan akan lebih bagus lagi” katanya
Komite sekolah, Drs. Endang Supriatna MSi  dalam sambutannya mengatakan bahwa, acara seperti ini harus terus berlangsung, baik setahun sekali atau dua tahun sekali, tujuannya bagus untuk melestarikan seni budaya Sunda, selain itu, bagus juga untuk ajang promosi SMAN 1 Kawali. Usai sambutan, Endang membuka secara resmi acara lomba bahasa Sunda ini.
Keluar sebagai pemenang dalam lomba Pupuh tingkat SMP adalah Metaliana, dari SMPN 1 Kawali, di tingkat SD adalah Salma Hurul Aini dari SDN 1 Kawali.
Juara dongeng adalah Lia dari SMPN 1 Kawali, di tingkat SD adalah Putri Nurjanah dari sd 5 karangpawitan. Juara sajak SD adalah Diani Raras Puspita dari SDN 1 Kawali Sementara tingkat SMP adalah Rista dari SMP 3 Kawali.**Wsn/ktv





TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini