Pustakawan Cilik untuk Memajukan Perpustakaan Sekolah

Pustakawan Cilik (PUSCIL) merupakan kegiatan Ekstrakulikuler Sahabat Perpustakaan (Little Librarian As Extracuricular Activities Friendship Library) yang dikembangkan oleh Pusat Pengelolaan Pengetahuan, Universitas Padjajaran Bandung, kerjasama dengan Komunitas Gada Membaca, melibatkan anggota dari siswa Madrasah Ibtidaiyah Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.






Kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan, Universitas Padjajaran, Wina Erwina, M.A., PhD, sebagai penggagas PUSCIL ini mengatakan “Fenomena yang terdapat di lapangan mengenai kesiapan perpustakaan dalam menunjang proses pendidikan. Keterbatasan sumber daya manusia secara kuantitas, dan kualitas pustakawan sekolah yang masih terbatas merupakan sebuah permasalahan yang harus diselesaikan secara bersama. Memberdayakan masyarakat sekolah seperti Kepala Sekolah, guru, murid dan berbagai unsur lainnya yang berada di sekolah itu merupakan salah satu cara untuk memecahkan permasalahan ini melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang diberikan kepada guru untuk menjadi tenaga pengelola perpustakaan, namun hal tersebut tampaknya masih belum memenuhi kebutuhan jam layanan di perpustakaan. Oleh sebab itu, siswa sebagai actual users merupakan sumber daya manusia yang dapat diberdayakan sebagai sahabat perpustakaan."


Wina, menambahkan “Pustakawan Cilik atau PUSCIL sebagai kegiatan dari implementasi Sahabat perpustakaan di sekolah dasar merupakan sebuah solusi yang ditawarkan sebagai jalan keluar untuk memecahkan masalah. Merupakan kegiatan Layanan Perpustakaan sekolah yang memiliki fungsi hubungan masyarakat antara pengelola perpustaka dan penggunanya.


Siswa di sekolah dasar yang merupakan penguna utama di perpustakaan dapat menjadi siswa pustakawan yang berperan membantu pengelolaan perpustakaan dan teman sejawat dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah.


Pustakawan Cilik atau PUSCIL sebagai Program Sahabat Perpustakaan merupakan bentuk program pengabdian dengan metoda pendampingan kepada siswa di sekolah. Ini dapat menjadi pilihan kegiatan ekstrakulikuler, Pustakawan Cilik mengajak teman-temannya untuk gemar membaca,  dan literate. Guru atau pustakawan dapat mendampingi dan mengetahui persis apa yang diinginkan anak anak"


Pembentukan pentingnya PUSCIL, diawali dengan perkenalan dan pengarahan untuk memotivasi siswa yang tergabung sebagai PUSCIL oleh Drs. Heryana, Camat Kawali, Hj. Yeti Nurhayati, S.Pd.I., M.Si., Kepala MIS Winduraja, dan Agus Munawar sebagai ketua Yayasan Galuh Kinasih yang membawahi MI Winduraja dan Komunitas Gada Membaca.


Kegiatan ekstrakulikuler Sahabat Perpustakaan Cilik, akan diselenggarakan di Komunitas Gada Membaca, setiap hari Jumat, mulai pukul 13.00 sampai 14.30, sebagai bekal sebelum mereka terjun langsung di Taman Pustaka Hasanah MI Winduraja, dengan berbagai kegiatan mulai dari:

1. Membaca bersama

2. Menceritakan buku yang sudah dibaca

3. Pelatihan menulis

4. Diskusi

5. Melanyani pengunjung

6. Belajar komputer

7. Terlibat dalam kepanitiaan kegiatan, dan

8. Mengikuti beragam kegiatan pelibatan masyarakat yang diperuntukan untuk siswa sekolah dasar dengan melibatkan para pihak (stakeholders) yang memiliki kepedulian dan komitmen kuat untuk memajukan perpustakaan sekolah. 


Sebagai contoh, pada Jumat, 3/3/2023, telah diselenggarakan kegiatan Puscil “Belajar Menanam Pohon di pinggir sungai Cimuntur”  di kawasan Komunitas Gada Membaca, bersama Wahyu Hidayat Penyuluh Kehutanan Kecamatan Kawali Kab Ciamis Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII Ciamis. Sehingga dengan adanya PUSCIL ini peserta akan mengetahui beragam kegiatan yang bisa dilaksanakan perpustakaan sekaligus mendapat pengalaman dan pengetahuan baru, sekaligus manfaat dari kegiatan salah satunya penanaman pohon.

**Agus Munawar, Komunitas Gada Membaca

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA