Kampung Ramadhan 1444 H di Komunitas Gada Membaca

Pembukaan Kampung Ramadhan 1444 H di Komunitas Gada Membaca, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis dibuka oleh Bunda Literasi Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat. Dihadiri Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, Sekretaris Kecamatan Kawali, Kepala Desa Winduraja, Ketua Forum TBM Kabupaten Ciamis, pegiat literasi, guru, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum pada Minggu, 26 Maret 2023.

Acara Pembukaan Kampung Ramadhan 1444 H di Komunitas Gada Membaca dimeriahkan oleh penampilan grup marawis Annida dari Dusun Sukajadi, Desa Winduraja, serta pembacaan puisi anggota Komunitas Gada Membaca, oleh Rasya Rama Permana, Muna Zahrah, dan Bella Shelina.


Kegiatan Kampung Ramadhan ditandai juga dengan pemberian hadiah bagi anggota Komunitas Gada Membaca dari Bank BJB KCP Kawali kepada; Ikeu Nurjanah (masyarakat dari Kecamatan Panawangan yang membantu dalam pengolahan bahan pustaka), Widia Lestari (mahasiswa Fikom Unpad dari Kecamatan Panumbangan, senang meminjam buku, dan bergabung menjadi relawan), Bella Shelina (pelajar SMAN 1 Kawali dari kecamtan Lumbung yang rajin meminjam buku dan mengunakan fasilitas pojok baca digital), dan Siti Hasna Khoirunnisa (siswa MTsN 2 Ciamis dari Winduraja, Kawali, yang rajin meminjam buku dan mengajak teman-temannya bergabung menjadi anggota).


Di tengah acara tersebut juga berlangsung penyerahan lukisan Bunda Literasi Kabupaten Ciamis dan Bupati Ciamis, karya Kang Irfan Setia, S.Sn, dari Komunitas Seni Lukis Galuh (SLUG) yang dibuat saat kegiatan Festival Buka Bumbung dan Launching POCADI di komunitas Gada Membaca bulan lalu.

Kegiatan yang akan digelar selama bulan Ramadhan ini dapat diikuti masyarakat secara gratis, mulai dari;

1. Lomba menulis keseruan puasa ramadhan (SD/MI, SMP/MTS)

2. Lomba membaca pada pojok baca digital (pocadi) tingkat ( SD/MI, SMP/MTS)

3. Lomba membaca puisi (SD/MI, SMP/MTS)

4. Lomba mendongeng ( SD/MI)

5. Eksperimen kimia

6. Game edukasi (cerdas cermat dadakan, pengetahuan, agama, dan umum)

7. Sharing tentang mimpi

8. Sharing beasiswa masuk perguruan tinggi negeri

9. Pelatihan dan sharing edukasi teknologi informasi dan komunikasi

10. Sharing pengelolaan taman bacaan/perpustakaan.

11. Sharing kerelawanan komunitas baca

12. Pelatihan pengolahan buku

13. Pelatihan menulis sejarah kampung

14. Pelatihan keterampilan pembuatan telor asin puyuh

15. Parade marawis

16. Pelatihan merajut

17. Pembuatan ecobrick

18. Pelatihan memandikan jenazah (umum) 

19. Berbagi takjil

20. Buka bersama

21. Bermain perahu angsa, hingga

22. Bazaar aneka makanan khas ramadhan

Panitia dan fasilitator yang terlibat dalam kegiatan Kampung Ramadhan 1444 H yaitu Relawan Komunitas Gada Membaca, Unit Kegiatan Mahasiswa Literasi STAI Al Ma’arif Ciamis, Pelita Intan Muda (PIM) Cabang Ciamis dan Pangandaran, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPI Kampus Tasikmalaya, dan Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Ciamis. Setelah acara pembukaan selesai, Bunda Literasi dan PKK Kabupaten Ciamis menyapa anggota Gada Membaca, sekaligus menyampaikan pentingnya membaca sejak kecil. Dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menceritakan buku yang pernah dibacanya.






Komunitas Gada Membaca menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terus mendukung beragam kegiatan pelibatan masyarakat yang diselenggarakan. Semoga Allah membalas dengan banyak kebaikan dan keberkahan, aamiin.

*Naufalia Qisthi, Relawan Komunitas Gada Membaca

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA