» » NASKAH DRAMA KOMEDI






Drama Komedi
Judul                    : Gara-gara gak punya SIM
Naskah Karya       : Yoga Asmara
Dimainkan oleh    : Teater Buana SMPN I Kawali


Susana Kantor Polisi, tampak meja  Penjaga tampak juga dua orang tahanan yaitu Rama dan Erin

Rama               : duh… enak gak enak ya di penjara teh
Erin                  : apa enaknya hidup di penjara, udah gelo kamu ya…
Rama               : kamu tidak tahu ya, kepengin tahu…hehehe
Erin                  : iya sok atuh kasih tahu
Rama               : mau enaknya dulu atawa gak enak dulu….     
Erin                  : nya atuh gak enak dulu baru nanti nu enak-enakna
Rama               : gak enakna teh kan kita di dalam penjara jadi tidak bisa pulang setiap hari
Erin                  : terus
Rama               : nah terus enaknya… hkhkhkh… karena ada kamu, jadi asik, kita berduaan terus
Erin                  : uh maunya kamu, nurus tunjung…

Tiba-tiba datang seorang penjaga yang berpakaian keren dan membawa pistol
Aziz                  : eegrm …lagi pada ngapain ini
Rama               : eh ada pak aziz…apa kabar pak, ini lagi ngrumpi
Aziz                  : baik… eh kamu rama tolong pijitin pundak saya nih, tadi malam saya ngejar penjahat
                          sambil hujun-hujaan, penjahat ilang eh kalah saya paregel
Rama               : eh si pak azizmah kumaha, kan saya di dalam penjara, kumaha mijitinnya
Aziz                  : ah kamu mah,  buka aja eta pintuna, kan tidak di kunci
Erin                  : ih pak azizmah kan kita teh ceritanya dalam penjara, kenapa kudu kaluar
Aziz                  : ya kan kita juga cuma ceritanya doang, jadi biar aja di buka

Kedua narapidana keluar dan mendekat ke aziz yang duduk santai sambil memainkan pistolnya
Aziz                  : cepet ram, pundak saya pegel nih
Rama               : iya pak sabar atuh, eh eta si erin ngapain pak mijit kaki, awas ada kekeongeun
Erin                  : atuh sayamah cicing aja ya pak, si ramamah meuni teu resep kalau saya santai teh
Aziz                  : si erin sok beberes ini meja kan berantakan sok rin beresan…sing tarik rama mencetan
                          teh, kamu dah di kasih ransum belum, kok gak ada tenaganya.
Rama               : udah pak tapinyamah kurang, harusnya nasi padang atawa ti abas, jangan kupat tanpa
                          tahu…jadi tidak kenyang.
Aziz                  : etage untung, dari pada teu dibere pisanmah, eh erin, kamu sudah punya pacar belum
Erin                  : kunaon kitu pak, da saya masih sakola keneh jadi belum boleh pacaran atuh pak, nya
                          ari gebetanmah punya, buat penyemangat belajar.
Aziz                  : ehm gebetan, budak jaman sekarang bahasa pacar jadi gebetan, ya nanya aja, piraku
                          sakitu alusna can aya nu boga ehm-ehm-ehm….

Sedang mereka asik ngobrol datang lah seorang tukang pecel, neng kokom namanya, dia datang sambil teriak-teriak  menjajagakn pecelnya
Kokom            : pecel-pecel, pak aziz pecel, para tahanan jiga pecel, eh sok marecel….
Aziz                  : eh bi kokom sok saya bikinin pecel dua bungkus
Erin                  : aduh naha cuma dua bungkus, ari si rama gak di kasih pak
Aziz                  : emang siapa yang mau beliin kamu
Erin                  : idih bapakmah meuni tega, atuh buat siapa yang satunya, emang bapak mau makan dua
                          kitu
Rama               : hihihihi…. malu ya…eh bi kokom sok lah buatkeun we jang saya jeung si erin, tar
                          yang bayar pak aziz, nya pak nya.
Aziz                  : sok atuh sok, bi kokom buat keun
Kokom            : tah kitu… kan pecel saya jadi payu, mau pake lontong teu atawa pake kapal selam
Aziz                  : aya pecel jeung kapal selam
Kokom            : eh pak azizmah tinggaleun jaman, kapan saya teh sakalian jualan empe-empe 
                          palembang, jadi pecel pake empe-empe, ini makanan tradisional
Aziz                  : ah si kokom loba teuing carita, sok pake lontong aja biar karenyang
Mereka semua makan pecel bersama, usai makan kedua tahanan pun di suruh masuk lagi ke dalam penjara.

Aziz                  : tah… makan kan sudah, mijitin sudah terus sekarang kalian masuk lagi kana penjara
Erin                  : ya bapakmah, atuh sudah aja kita di luar kan kita teh cuma cerita, ya pak ya
Aziz                  : eh ini serius lagi, sok arasup ah, nanti ada bu mira kita dimarahi semua
Rama               : asik kita duaan lagi rin…biar aja kita disini jadi kan kita gak kudu sakola
Aziz                  : emang kalian di penjara gara-gara naon?
Rama               : ah ari pak aziz, ma enya pak aziz teu apal kunaon kita di penjara, kan saya jeung erin
                          maling buah nu pak Karyana, terus kanyahoan, di boro dan di jebloskan ka penjara
Aziz                  : sing bener kamu teh, naha Cuma maling buah kamu teh sampai harus di penjara,
                          emang sa treuk kitu malingna
Rama               : bukan pak, yang bener gara-gara teu boga sim, saya naik motor terus kekebutan 
                          jeung erin, terus saya nabrak anak sd, saya jatuh ketimpa motor, terus tuh anak
                          sd katabrak lagi ku erin, jadi eta budak teh pingsan. Terus digarotong ka rumah sakit.
                          Saya jeung erin dibarawa ka polsek ku warga, tah saat di pariksa ku bu mira ternyata 
                          kami teu boga sim-sim acan jadi we  saya ditahan, selanjutnya budak sd na teh luka
                          agak parah, sampi sekarang masih di rumah  sakit, mudah-mudahan we sudah sembuh 
                          dan tidak terjadi apa-apa.
Erin                  : iya pak…uhu…uuuu, (erin menangis tersedu), tolong saya pak jangan di sidang ya
                          pak, saya takut, saya sudah ngaku salah, naik motor gak punya sim dan saya nabrak
                          lagi…..saya berjanji tidak akan mengulangi lagi, lagian saya kan masih sakola pak.
Aziz                  : ah da ini mah resiko kalian, naha belum punya sim pake naik motor, kan itu
                          membahayakan diri kalian dan orang lain, ini buktinya
Erin                  : iya pak saya juga menyesal…”aduh gusti…anu maha suci, hapunten nya abdi,
                          wireh abdi nabrak budak leutik, naek motor… bari teu boga sim, nuju kekebutan…….
                          jadi masuk bui… (nyanyi pupuh) ih amit-amit kalau betulanmah takut..
Rama               : aduh alus euy erin nyanyi pupuhna, pupuh apa etateh
Saat mereka sedang saling curhat datang lah ibu mira….

Mira                 : pak aziz ini ada ibu rania
Aziz                  : waduh siapa ini ibu rania, mangga atuh sok mau diapakan mereka berdua
Rama               : itu mamahnya erin pak, waduh rin jangan-jangan kita mau dimarahi lagi
Erin                  : ya nasib kita lah, sudah jatuh katinggang song-song lagi
Rama               : tangga kalee, ari nu katinggang songsongmah ucing,anu cici-lala sosorodotan tea
Mira                 : eh kalian berdua keluar
Erin                  : keluar bu, mau diapakan bu kami mau di kasih ransom lagi  ya hehehe
Mira                 : ransum…kan baru pada makan pecel, kalian tunggu saja apa kata ibu rania
Rania                :erin, kamu menyesal sudah berbuat salah, rama kamu juga
Erin                  : menyesal mah
Rama               : iya bu saya juga menye…saya mah betul-beteul menye…sal, takmau lagi naek motor 
                          kecuali kapeped.
Rania                : gelo….kalian harus berjanji tidak akan lagi melakukan tindakan yang belum waktunya
Eama                : iya saya berjanji, yakin saya lebih baik naik angkot dari pada naik motor bari teu boga
                          sim, masih belajar lagi naik motornya.
Rania                : ya kalau kalian menyesal ya sudah yu kalian pulang, karena kalian sudah di tebus, dan
                          orang tua anak sd yang kalian tabrak tidak melanjutkan tuntutannya, jadi kalian bisa
                          bebas dari penjara
Aziz                  : ya kenapa pada pulang, saya jaga saha atuh…hai saya ikut pulang atuh…ih takut di
                          penjara

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini