» » KONTES DURIAN SARANA MENCINTAI PRODUK LOKAL

Peserta Kelompok petani dari Salopa, Jatiwaras dan Cikatomas
Kab. Tasikmalaya/ Kawali TV. Kontes Durian lokal yang di gelar kali kedua dilaksanakan di lapangan bola Kampung Jaksi, Kecamatan Salopa (3/3) , merupakan sarana untuk memperkenalkan secara lebih luas tentang potensi pertanian holtilkultura yang ada di daerah di Kabupaten Tasikmalaya, khususnya kadu di Kecamatan Salopa.
Kontes durian lokal pertama kali digelar menurut Ketua KTNA Kecamatan Salopa, Dodo Alwinara ,yakni tanggal 10/12 Februari 2007. Kontes kedua kali ini diharapkan masyarakat bisa lebih mencintai produk lokal. Dengan Potensi Sumber daya alam dan pemberdayaan sumber daya manusia yang dimiliki didaerahnya, Dodo berharap dalam pidatonya,  kedepan Kecamatan Salopa menjadi gerbang sentra agrowisata.
“Durian lokal ini mempunyai cita rasa yang tinggi dan merupakan jenis unggulan yang harus tetap dijaga, harapnya.
Kontes Durian Lokal ini bertemakan, Dengan kontes Durian, kita wujudkan perekonomian yang tangguh menuju Kab. Tasikmalaya yang religius islami, unggul dan Mandiri berbasis perdesaan. Menurut Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul ulum, durian sangat cocok dengan daerah Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan daerah  Agraris. Sektor pertanian merupakan hal yang prinsip dan harus mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.
“ Kabupaten Tasikmalaya banyak meraih prestasi, terutama di bidang pertanian. Kabupaten Tasikmalaya sendiri memiliki komoditas unggulan sektor pertanian holtikultura yakni, manggis, pisang, salak dan Durian,”. tandas Uu
Kadis Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Tasikmalya, Ir.H. Henri Nugroho MP, mengatakan konsumen holtikultura merupakan potensi yang sangat menjanjikan. Salah satu komoditas unggulan holtikultura di Kabupaten Tasikmalaya yakni durian, ini perlu mendapat prioritas.
“ Dengan adanya kontes seperti ini, setidaknya kedepan Kecamatan Salopa bisa menjadi kawasan Agrobisnis durian,”. ujar Henri.
Kontes Durian lokal yang diikuti 64 para peserta kelompok tani dari kecamatan Salopa, Jatiwaras dan Cikatomas tersebut, dihadiri Bupati Tasikmalaya,Uu Ruzhanululum, Tim Penggerak PKK, Kadis Pertanian dan Holtikultura, PJS Kades , 
Para Petani dan seluruh SKPD dilingkung Kab. Tasikmalaya. *** ( Rusdianto)

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini