Wisata baca dan rolling buku

Rabu, 5 Juli 2023, anak anak beserta para orangtua dari Taman Bacaan Masyarakat Darmaraja Membaca, Desa Darmaraja Kecamatan Lumbung melakukan wisata baca ke Komunitas Gada Membaca mengunakan Mobil Kepedulian.


Kegiatan dimulai dengan silaturahmi ke kantor kecamatan Lumbung. Di sana, mereka diterima dengan hangat oleh sekretaris camat, Bapak Asep Misbahudin, yang turut menyampaikan apresiasi atas upaya TBM Darmaraja Membaca dan Komunitas Gada Membaca dalam mengembangkan minat baca bagi masyarakat.



Setelah silaturahmi, anak-anak dan orangtua diajak untuk menikmati kegiatan membaca di Komunitas Gada Membaca. Gada Membaca ini memiliki koleksi buku yang beragam dan menarik, sehingga harapannya mampu membangkitkan minat baca khususnya bagi anak-anak. Para peserta diajak untuk membaca buku-buku favorit mereka atau menjelajahi cerita-cerita baru yang tersedia di Gada Membaca. 




Selain membaca buku, kegiatan wisata baca ini juga menyediakan board game seru yang bernama "Sirah" (Mumtasz the Game). Board game ini didesain khusus untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan sejarah Rasulullah Saw bagi anak-anak usia SD hingga SMA. Dengan bermain game ini, anak-anak dapat belajar tentang sejarah Rasulullah Saw secara interaktif. Aktivitas seperti ini membuktikan bahwa pembelajaran bisa menjadi lebih menyenangkan dan efektif jika dilakukan secara menyenangkan. Tidak hanya itu, para peserta wisata baca juga diajak untuk menaiki perahu angsa dengan dibimbing orangtuanya. Dengan menaiki perahu angsa, anak-anak dapat menikmati pemandangan sekitar.

Anak-anak terlihat bersemangat dalam membaca buku, bermain board game, dan menaiki perahu angsa. Mereka terlihat begitu antusias dalam mengeksplorasi dunia literasi dan sejarah melalui kegiatan yang menyenangkan. Sebelum pulang, perwakilandari TBM Darmaraja Membaca memilih buku-buku untuk dipinjam (rolling buku atau buku bergilir), sebagai tambahan bahan bacaan bagi anak-anak di TBM Darmaraja Membaca. 

Tentu dengan hadirnya Taman Bacaan Masyarakat yang baru di berbagai daerah ini sangat penting dan memerlukan perhatian dari berbagai lapisan masyarakat. Terima kasih banyak atas semua pihak, setiap bantuan yang diberikan sangat berarti bagi kami dalam mewujudkan visi meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perpustakaan.

**Naufalia Qisthi, relawan Komunitas Gada Membaca

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA