Sharing “Belajar Tanpa Batas” bersama Kang Hikmat Kurnia Ketua Ikatan Penerbit Indonesia DKI Jakarta

Minggu (08/01/2023), Komunitas Gada Membaca mengadakan sharing “Belajar Tanpa Batas” dengan menghadirkan narasumber keluarga Kang Hikmat Kurnia, Ketua Ikatan Penerbit Indonesia DKI Jakarta, Mbak Wiwiek Dahlan (istri) dan putra ke tiganya Rizqan Ardhan mahasiswa University of Glasgow, United Kingdom, yang hadir secara langsung ke Komunitas Gada Membaca. Sementara putra pertama dan keduanya; Rakan Abyan mahasiswa Phillips University Marburg Jerman dan Raihan Arkhan mahasiswa Otto-von-Guericke Universität Magdeburg Jerman, sharing melalui zoom meetinga dari Jerman.


Sharing yang diikuti, Heryana, Camat Kawali, Kabupaten Ciamis, tokoh masyarakat, siswa SMA/SMK/MA dari berbagai sekolah, mahasiswa berbagai perguruan tinggi serta peserta online.  Kegiatan ini bertujuan; memotivasi anggota Komunitas Gada Membaca khususnya siswa tingkat SMA agar memiliki semangat mencari ilmu, persiapan melanjutkan kuliah di dalam maupun luar negeri.


Pada kegiatan kali ini Komunitas Gada Membaca sangat terbantu dengan adanya fasilitas Pojok Baca Digital, sehingga komunikasi dengan narasumber dari Jerman dan peserta zoom meeting dapat berjalan dengan baik.


Dibuka oleh kisah Kang Hikmat  & Teh Wiwiek bagaimana awal mulanya mereka menyiapkan hal hal yang diperlukan sebelum menguliahkan ketiga anaknya ke luar negeri, terutama kesiapan mental. Dilanjutkan dengan penyampaian pengalaman Rakan, Raihan, dan Rizqan berkaitan dengan bagaimana pengalaman mereka selama kuliah di luar negeri. Rakan (Philips Universitat Marburg Jerman) juga menyampaikan tips berkuliah di luar negeri, kita perlu myiapkan mindset & mental, rasa percaya diri, dan fokus. 


Raihan (Otto-von-Guericke Universitat Magdeburg Jerman) mengingatkan bahwa kita pun harus berani mendekati orang lain dari berbagai negara, menikuti seminar yang sejalan dengan bidang, dan mendatangi teman-teman yang memiliki hobi yang sama agar wawasan, ilmu, dan relasi yang kita miliki pun ikut meluas. Meskipun ketiganya sempat dihadapkan dengan masalah, namun hal tersebut tidak menjadikan mereka menyerah. Komunikasi terbuka, rasa percaya, saling mendoakan antara anak dan orang tua menjadi hal yang sangat perlu dijaga.**Naufalia Qisthi Relawan Komunitas Gada Membaca

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA