» » ISTIGOSAH DI SITUS ASTANA GEDE KAWALI

Warga  masyarakat  Dusun  Indrayasa yang berada dilingkungan  Situs Astana Gede Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Gelar Istigosah yang bertempat di Gedung Kesenian Kawali, Jum'at   Keliwon belum lama ini, yang  di pimpin Ust.  Mumu  Muhaemin dari Sindangsari.

Kuncen Astana Gede,  Jana  Dipraja, SE.  mengatakan  kegiatan ini merupakan kali pertama,  kebetulan pelaksanaanya di Gedung Kesenian Kawali, karena pas kebetulan hujan, jadi tidak mungkin diluar. Padahal menurut Mumu, selaku ustad, rencananya akan di gelar di dalam Situs.
Harapannya kedepan tetap acara ini akan tetap dilaksanakan didalam Situs, hal ini agar lebih sakral.
"kalau di dalam Situs sebetulnya akan lebih terasa sakral dan kembali ke alam, karena jelas, ini kan di lingkungan makam gegeden Kawali, jadi akan lebih khusu, namun bukan berarti di gedung tidak nyaman" ujar Mumu
Untuk nyaman tentu saja lebih nyaman di Gedung, karena ada tata cahaya, duduk juga di keramik, hanya rencana awal memang di dalam Situs, jadi ya biar lebih apdol.
Masyarakat yang hadir belum begitu banyak, mungkin kurangnya informasi dan promosi, hingga  masyarakat tidak hadir semua. "Insya Allah kedepan kami akan mengajak  seluruh masyarakat khususnya yang berada dilingkungan Astana Gede, sehingga diharapkan Situs Astana Gede  bisa menjadi  seperti  tempat ziarah multi kultur" ucap Jana.

R. Hidayat  Syarif, tokoh masyarakat Goropak, juga mengatakan dengan digelarnya Istigosah  yang dilaksakan setiap malam Jumat kliwon, bisa terus  berlanjut, namun  perlu mengadakan musyawarah terlebih dahulu, sehingga  seluruh masyarakat yang ada dilingkungan Situs Astana Gede bisa hadir semuanya, dan kedepan bisa dijadikan jalan untuk menarik para peziarah, terutama  peziarah yang jauh.

Menurut Ust. Mumu Muhaemin, intinya adalah tolong menolong sesama mahluk dengan mengambil  keistimewaan  do’a, juga  ingin meningkatkan sarana ilmu dan amaliyah.

Kadus  Indrayasa  Dede  Waria juga mengatakan, ini untuk meningkatkan ukuwah Islamiyah. "Ukuwah islamiah itu penting khususnya  warga yang berada  di lingkungan Situs, kedepan mudah-mudahan  Astana Gede bisa jadi tempat yang benar-benar menjadi aset daerah, yang bisa dikunjungi para peziarah" tandasnya.
( Hendaya K.TV).  




TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini