» » PEMBUATAN KOMPOS BERDAYAKAN ANGGOTA



  PEMBUATAN KOMPOS  BERDAYAKAN ANGGOTA
Sodonghilir. Gempar.  potensi  sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada didaerah  bila dikelola dengan pengelolaan manajement yang handal dan propesional serta konsep yang jelas tentunya akan menghidupkan perekonomian daerah tersebut. 
Hal itu ternyata sudah dipersiapkan para petani yang tergabung dalam kelompok tani Kembar Sepasang. Dengan bahan baku yang sudah  tersedia yakni  Kohe ( kotoran hewan) , jerami/ rumput dan daun berwarna hijau  dan ditunjang dengan kemauan yang keras dari warga  dikatakan Ketua Gapoktan Kembar Sepasang, Jaja Sodikin  akhirnya potensi tersebut bisa dimanfaatkan.
Selama setahun ini warga melakukan percobaaan dengan pembuatan kompos. Dan hasilnya sangat luar biasa. Kebutuhan akan kompos terus meningkat, namun sayangnya semua kebutuhan pertanian yang ada didaerahnya belum bisa terakomodir, mengingat terbentur kendala permodalan.
Pembuatan kompos  yang ada di Kampungp Ciririp RT 10/RW05 Desa Pakalongan Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, selama ini tambah Jaja, biaya pembuatan kompos sendiri menggunakan biaya sendiri.
“ Dengan biaya terebut  baru bisa mengakomodir kebutuhan  para petani sekitar 1 ton yang  hanya  cukup untuk 6 – 7 hektar sawah.  Jadi saat ini, semua kebutuhan pertanian yang ada di desa Sodonghilir belum bisa terakomodir ,” ungkap Jaja. Volume kompos yang dibuatnya  saat ini hanya cukup untuk mengakomodir kebutuhan pertanian bagi anggotanya.
“ Kompos dijual ke petani dan sistem pembayarannnya sewaktu panen “ tandas Jaja.
Gapoktan Kembar Sepasang yang dibentuk Bulan September tahun 2013 dengan jumlah anggota mencapai 50 orang, dan membawahi 4 Poktam ( kelompok tani) ini sangat berharap pemerintah dapat  membantu dalam masalah permodalan dan pelatihan bagi para anggota. Jaja juga berharap  Kedepannya, dengan wadah Gapoktan Kembar Sepasang , warga bisa diberdayakan untuk mengolah sumber daya alam yang ada didaerah guna meningkatkan taraf perekonomian salah satunya  dengan pembuatan kompos. ***  ( Rusdianto)



TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini