» » GUBYAG, SEBUAH ACARA TRADISI


Gubyag  sebuah acara budaya tradisi
Gubyag merupakan budaya daerah di Jawa Barat, gubyag adalah lomba menangkap ikat tanpa alat, biasanya diselenggarakan jika ada acara sebuah kesuksesan, dari Pil Pres, hingga pemilihan ketua RT.
Dalam rangka memeriakan syukuran karena dibangun pasar ikan di Kawalimukti, Kecamatan Kawali, Ciamis, GAPOKAN  ( Gabungan Kelompok Pembudidayaan Ikan ) Desa Kawalimukti menghibur masyarakat dengan menyelenggarakan gubyag, yaitu  lomba menangkap ikan di sebuah kolam. Disini mereka memperebutkan ikan lele dumbo di lokasi Pasar Ikan Kawalimukti,  Jjl. Raya Talagasari Blok Petir, Pogorsari, Kawalimukti. Menurut ketua GAPOKAN  Kelompok ikan Tirtamukti, Dede Hamdani,  mengatakan gubyag ini merupakan acara syukuran, bahw kelompok nya telah mendapatkan bantuan pembangunan Pasar ikan Kawali, yang akan dikelola oleh tujuh pedagang ikan.  
“Sebelum diadakan serah terima, kami para pedagang ikan ber inisiatif memeriah kan warga dengan menangkap ikan lele, alkhamdulilah puluhan warga beramai-ramai menangkap ikan lele di lokasi kolam pasar ikan, sehingga masyarakat tahu keberadaan pasar ikan.”
 Yani peserta gubyak, merasa senang atas inisiatif para pedagang ikan sehingga dirinya pun terhibur.  “sayamah seneng  ada acara begini, acara gubyag seperti ini kan jarang, biasanya kalau ada perayaan kemenangan kepala Desa, atau apa aja yang berhubungan dengan kesuksesan, semoga makin banyak acara beginian lagi” ucapnya. (HEN/KTV )

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini