» » TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG DI PASIR PUTIH PANGANDARAN TERGANGGU

Mungkin tidak banyak orang tahu, lokasi peledakan kapal ikan MV Viking pelaku illegal fishing yang diburu banyak negara ternyata ada di lokasi cagar alam laut. Di lokasi tersebut ada Transplantasi terumbu karang, yakni teknik pelestarian (rehabilitasi) terumbu karang dengan tujuan untuk pelestarian ekosistem terumbu karang.
Demikian dikatakan Kepala Resort BKSDA Cagar Alam Pangandaran, Yana Hendrayana saat diminta komentarnya tentang lokasi peledakan kapal pencuri ikan oleh Menteri KKP RI, Susi Pujiastuti minggu lalu.(14/3). “Kawasan tersebut masuk dalam zona cagar alam yang di dalamnya terdapat transplantasi terumbu karang. “Kata Yana.(23/3).
Dikatakan Yana, transplantasi terumbu karang merupakan salah satu program pelestarian alam yang berperan mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak atau bisa juga untuk membangun kawasan terumbu karang baru menambah keasrian alam bawah laut. Karena untuk tumbuh karang beberapa centi saja dibutuhkan waktu tahunan bahkan puluhan tahun. “Nantinya karang-karang tersebut menjadi ekosistem segala biota laut. “Terang Yana.
Disoal lokasi penenggelaman kapal tersebut, Yana mengatakan, pihaknya tidak menerima intruksi apa-apa dari dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) sebagai atasannya. “Malah saya mendapat teguran karena tidak ada kordinasi sebelumnya. “Ungkap Yana.
Salah seorang warga Desa Pangandaran, Jaja Sudiana(49) menyesalkan mengapa harus di kawasan pasir putih tempat peledakan kapal itu. “Selain merusak alam bawah laut, kapal itu pun menghalangi view kawasan pasir putih. “Ungkap Jaja.
Ditambahkan Jaja, jika saja sebelumnya semua yang terkait saling berkordinasi, mungkin lokasinya bisa dipindahkan ke kawasan batu mandi. Karena di kawasan tersebut selain tidak ada transplantasi terumbu karang juga berada pada ujung kawasan pasir putih. “Apalagi sekarang banyak pengunjung yang ingin melihat dari dekat keberadaan kapal tersebut, tentunya banyak karang-karang yang rusak karena terinjak kaki. “Ungkap Jaja.
Menurut Jaja lagi, penenggelaman kapal-kapal pencuri ikan dari perairan Indonesia ini merupakan program Menteri Susi Pujiastuti asal pangandaran yang harus mendapat dukungan dari semua pihak, dan gebrakan yang dilakukan Menteri Susi pun tentunya menjadi kebanggaan tersendiri masarakat Kabupaten Pangandaran. “Jadi menurut saya, kapal harus ditangkap dan diledakkan tapi laut pun harus tetap terjaga lestari. “Imbuh Jaja. (hiek-PNews).

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini