» » SAFARI GERAKAN MEMBACA PERPUSTAKAAN CIAMIS

Safari Gerakan Membaca
Dalam Acara Safari Gerakan Membaca yang bertemakan Jabar membaca mewujudkan Jabar maju dan sejahtera untuk semua, 15 Desember 2014, di Perpustakaan Kabupaten Ciamis, Diani Raras Puspita mendongeng dihadapan Wakil Bupati Ciamis Jeje Wiradinata dan para guru undangan. Diani Raras adalah juara satu Provinsi Jawa Barat mewakili Perpustakaan Kabupaten Ciamis. Dongeng yang dibawakan adalah Ronggeng Gunung, kisah ini menceritakan tentang peperangan antara Bajak Laut yang dikenal dengan nama Bajo melawan kerajaan Pananjung, dengan nama rajanya Prabu Anggalarang. Sementara permaesurinya yang cantik jelita yaitu Dewi Siti Samboja atau Dewi Rengganis. Prabu Anggalarang tewas kemudian isterinya terus berjuang dengan menyamar menjadi ronggeg gunung.
Wakil Bupati Jeje Wiradinata terpukau melihat cara Diani mendongeng, usai membacakan sambutan Bupati Ciamis, Iing Syam Aripin, Jeje mengatakan bahwa dirinya baru tau ada dongeng Ronggeng Gunung itu, padahal dirinya asli Pangandaran, itu akibat dirinya jarang membaca, nah untuk itu dirinya menghimbau agar semua golongan masyarakat untuk membiasakan dirimembaca.
"saya baru tau ada dongeng pager gunung, (ronggeng gunung) eh iya Ronggeng Gunung, padahal saya asli Pangandaran, itu karena saya tidak membaca, mana yang ngadongeng orang kawali lagi. itu kan karena membaca." ujar Jeje dihadapan semua undangan, "maaf saya grogi di depan isteri"  
Usai Raras ngadongeng, Ibu Wakil Bupati, memberi angpau kepada Raras, selain itu para pejabat lainnya menyalami dengan penuh kehangatan. Hebat neng Raras, masih kelas 5 SD sudah banyak berprestasi, semoga kedepan terus berusaha mengukir prestasi
Diani Raras adalah Siswa SDN 1 Kawali, Raras panggilan akrabnya, Putri dari Drs. Jajang Kusnadi M.Pd, dan Dra. Atih Haerani M.Pd ini, sebenarnya sudah sering jadi juara ngadongeng, baik lomba resmi dari dinas pendidikan maupun mewakili instansi, jadi tidak heran kalau Raras Juara Provinsi.**Wsn/Ktv







TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini