» » Kominfo: Gelaran 'Asli Ciamis Pisan' Menumbukan Semangat Cinta Kebangsaan

Mendengar kata ciamis, yang tergambar dibenak kita nuansa alam pasundan yang amat menyejukan, memiliki berbagai potensi keindahan alam yang luar biasa, tentu menjadi magnet yang amat kuat bagi para pemburu keindahan alam. Belum lagi saat berbicara soal makanan khasnya, tentu pindang gunung dan berbagai makanan khas lainnya tak akan ketinggalan.

Tentang ragam budaya dan kesenian, ciamis juga tak bisa dikesampingkan, sebut saja ebeg, bebegig merupakan hiburan masyarakat yang teramat sulit terpisahkan dari berbagai literasi panjang tentang 'keciamisan'.

 Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemkominfo-RI) melalui Direktorat jenderal Informasi dan Komunikasi Publik bekerjasama dengan Bapak Budi Youyastri Anggota DPR RI Komis I Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), hari
sabtu 18 November 2017 menyelenggarakan sebuah Pertunjukan Rakyat (Petunra), di alun-alun Ciamis, mulai jam 20.00 - selesai, berbagai kesenian disuguhkan untuk masyarakat diantaranya Ebeg, Bebegig, Tari Jaipongan Maung Lugay, Tari Topeng Klana dan akan ada pembacaan sajak sunda dari sastrawan kebanggaan Ciamis, Kang Godi Suwarna.

 Pertunjukan rakyat ini disajikan secara apik dengan berbagai sentuhan profesional yang amat terasa, mengusung tema 'Asli Ciamis Pisan'
dipersembahkan bagi masyarakat secara luas, tentu bertujuan supaya masyarakat lebih mencintai kebudayaan dan kesenian ciamis. Ditengah gempuran budaya dan berbagai hiburan dari negara lain, siapa lagi kalau bukan warga setempat yang menjaga warisan kesenian dan budaya bangsa yang termat kaya ini.

Bukan hanya sekedar pertunjukan rakyat saja, tapi pagi harinya digelar juga Forum Dialog Kebangsaan dengan tema "Meneguhkan Kepemimpiman Berkeadilan Untuk Kejayaan NKRI" yang bertempat di STIKes Muhammadiyah Ciamis, menghadirkan berbagai pembicara, diantaranya Dr. H. Julkarnaen S.H.,M.H. (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat) dan Bapak Budi Youyastri (Anggota DPR RI Komisi I Fraksi PAN)

Berbagai rangkaian kegiatan pada hari ini sejak pagi hingga malam hari tentu akan memberi dampak yang sangat positif untuk masyarakat ciamis, bukan saja menjaga budaya dan kesenian warisan leluhur, tapi juga menjaga marwah persatuan yang dititipkan para pendiri bangsa.


TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini