Riung Wangi sebuah agro wisata di bagian utara Ciamis



Riung Wangi. Areal ini berada di dusun sukaratu, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Riung wangi merupakan areal agrowisata yang di kelola oleh kelompok tani Wibawa Mukti 5.

Riuang wangi berada diketinggian kurang lebih 700m dpl. Hawanya yang sejuk, pemandangan yang indah, sangat cocok dipake untuk berselfi ria.

Tujuan dibuatnya agrowisata ruing wangi ini adalah, untuk mengenalkan pertanian terhadap kaum milenial, kemudian, untuk memberdayakan karangtaruna dusun, supaya mampu berkreasi dan berinovasi.

Menurut ketua kelompok tani wibawa mukti 5, Uus Kustiawan, di ruing wangi, kita bisa belajar bertani, karena disini banyak ditanam buah-buahan dan sayur-sayuran. Disini memang tempat edukasi pertanian. Pengunjung hanya dipungut karcis 6000 rupiah untuk dewasa dan 3000 rupiah untuk anak-anak, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya panorama di ruing wangi

Di setiap malam jumat, diadakan solawatan dan tawasul bersama anak-anak karang taruna dusun, yang bergabung bersama kelompok tani wibawa mukti 5.

Di masa mendatang, atau tahap perencanaan, disini akan ada resto, kolam renang terapung dan siap menerima anak sekolah, yang akan beredukasi di tempat ini.
Uus mengaku, bahwa usahanya sangat di dukung oleh haji dede kuswadi, yang memberikan lahannya seluas 9 hektar, untuk dijadikan objek wisata dan lahan pertanian ini.

Sementara itu, motivasi haji dede memberikan lahan ini adalah,untuk mengangkat perekonomian masyarakat Sukaratu, dan masyarakat Talagasari, Kebetulan, dirinya dekat dengan IPB yang sering mendapatkan bibit dari sana.

Disini tersedia kopi asli riungwangi, yaitu kopi hantap, Kopi yang diracik dengan apik dari biji kopi yang dipetik di kebun ini. Betapa nikmatnya diudara yang sejuk, menyeruput secangkir atau segelas kopi hangat. hmmmm

Pemirsa itulah sekilas tentang ruing wangi, semoga bermanfaat, dan jika ada yang penasaran silahkan datangi lokasinya.**Wsn
Share:

0 comments:

Post a comment

Kawali TV

Blog archive

Recent Posts

BERITA