Tutup TMMD Ke-109 Kodim 1607/Sumbawa, Pangdam IX/Udayana Ajak Seluruh Pihak Jaga Kebersamaan dan Lestarikan Semangat Gotong Royong



Sumbawa - Selama satu bulan penuh mulai tanggal 22 September 2020 sampai dengan 21 Oktober 2020, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 dilaksanakan dengan melibatkan 600 Prajurit TNI serta komponen masyarakat yang tersebar di empat Kabupaten/Kota di wilayah Bali Nusra, dengan harapan dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan sebagai momentum untuk berpartisipasi membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di tengah situasi pandemi saat ini.


Dari empat Kabupaten/Kota yang dilaksanakan TMMD ke-109, termasuk salah satunya dilaksanakan oleh Kodim 1607/Sumbawa di Desa Jotang dan Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa.

Hal tersebut disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara dalam amanatnya saat memimpin upacara penutupan TMMD ke-109 Kodim 1607/Sumbawa di Aula Madelaoe ADT Kantor Bupati Sumbawa Jalan Garuda No.1 Sumbawa Besar, Rabu (21/10/2020).

Pangdam IX/Udayana mengatakan, bahwa semua sasaran TMMD ke-109 mulai dari sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur baik fasilitas umum dan sosial dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, serta sasaran non fisik berupa kegiatan penyuluhan/sosialisasi berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat diantaranya pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 juga dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

"Saya mendapat laporan bahwa sasaran dan volume pekerjaan TMMD cukup berat, sedangkan sarana dan prasarana serta waktu yang dibutuhkan sangat terbatas. Namun dengan semangat, kekompakan, disiplin serta rasa tanggung jawab dari semua pihak baik TNI, Polri, masyarakat maupun instansi terkait lainnya bersatu padu dan bahu membahu, sehingga TMMD ke-109 dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu," ungkap Pangdam.

Terkait hal itu, Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengucapkan terima kasih kepada Gubernur, Bupati, para prajurit TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan TMMD Ke-109 di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini, serta kepada Kementerian/LPNK yang telah bersinergi dengan baik dalam program TMMD, terlebih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan TMMD di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana. 

“Hari ini, seluruh masyarakat dan instansi terkait, Pemda serta Prajurit TNI telah dapat menyelesaikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 dengan baik dan sukses. Mudah-mudahan apa yang telah dibangun ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di daerah,” sambungnya.

Lebih lanjut, Pangdam IX/Udayana mangajak seluruh pihak dan masyarakat untuk ikut memelihara dan merawat dengan baik secara mandiri/swadaya semua fasilitas yang telah dibangun dalam TMMD Ke-109, sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam kurun waktu yang cukup panjang, melestarikan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia, tetap saling mengingatkan untuk disiplin protokol kesehatan, serta mempertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat.

“TNI senantiasa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat membantu menyelesaikan permasalahan dan memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat, kita tidak boleh mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI,” pungkasnya.  

Sementara Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd., menyampaikan, Pemerintah daerah, TNI dan Polri sangat kompak di NTB. Berbagai peristiwa yang dialami di NTB memberikan pembelajaran bahwa kekompakan dan sinergitas itu kunci utama dalam membangun daerah, terutama yang sangat dirasakan di NTB terjadi bencana gempa pada 2018 lalu. 

"Dampaknya sangat luar biasa, namun TNI terdepan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi, maka dengan kebersamaan itu semua bisa dilalui," tandas wagub. 

Setelah itu, lanjut Wagub, adanya wabah Covid-19 yang menjadi pandemi dunia dirasakan juga di NTB. Namun, berkat dukungan Babinsa dan Bhabinkamtibmas di desa, bisa dilakukan pelacakan dan penanganan dengan baik. Hal ini tentu menjadi energi luar biasa di NTB, untuk menghadapi masalah seberat apapun. 

"Bencana yang terjadi tidak menyurutkan niat kita untuk membangun, terimakasih TNI dan Polri, karena sudah membantu provinsi yang kami cintai ini," ucapnya. 

Selain itu, Wagub juga berterimakasih atas pelaksanaan TMMD ke-109 berjalan baik dan sukses sehingga menurutnya menjadi sangat strategis dan sangat baik untuk dilanjutkan ke depan, karena sasarannya merupakan hal vital yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Semua bisa dikerjasamakan dengam TNI, Terimakasih TNI, semoga TNI tetap jaya" imbuhnya.

Sebelumnya, Dandim 1607/Sumbawa membacakan laporan pelaksanaan TMMD ke-109 meliputi sasaran fisik berupa pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1100 meter dan lebar 4 meter, pembuatan Jembatan, pembuatan Mushola yang dilengkapi MCK dan tempat wudhu, pembuatan saluran irigasi sepanjang 350 meter dan Rehab rumah sebanyak 9 unit dengan target seluruhnya mencapai 100 persen.

Demikian juga sasaran Non fisik berupa sosialisasi/penyuluhan tentang kesehatan, protokol kesehatan Covid-19, pertanian, peternakan dan bidang hukum juga terlaksana dengan baik.

Penutupan TMMD ditandai dengan penandatangan naskah serah terima dan penyerahan hasil TMMD ke-109 tahun 2020 oleh Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos. M.Tr (Han), S.T., dan Pjs Bupati Sumbawa Ir. Zainal Abidin, M.Si.

Selain menutup kegiatan TMMD ke-105, pada kegiatan tersebut, Pangdam IX/Udayana juga meresmikan secara simbolis Koramil 1628-04/Poto Tano dan Koramil 1628-05/Jereweh yang berada di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1628/Sumbawa Barat, serta penyerahan bantuan masker dan sarana olahraga kepada perwakilan masyarakat Desa Jotang Kecamatan Empang.

Kades Jotang Beru Drs. Ismail mengucapkan terimakasih dan Apresiasi kepada Satgas TMMD yang selama sebulan telah bersama masyarakat dalam membantu pembangunan beberapa sarana baik jalan usaha tani, pembangunan irigasi, rehab RTLH, serta penyuluhan kepada masyarakat.

"Kami masih sangat mengharapkan kehadiran program TMMD kapan saja," harapnya.

Hadir pada acara tersebut, Kasrem 162/WB Kolonel I Made Kariawan, Aslog Kasdam IX/Udayana Kolonel Simon Petrus Kamlasi, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel I Made Mahaparta, para Kasi Kasrem 162/WB, Dandeninteldam IX/Udayana, Dandim 1607/Sumbawa, Dandim 1628/Sumbawa Barat, Danyonif 742/SWY, Sekda Sumbawa, Ketua DPRD Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Kajari Sumbawa, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa.**Fadli Batubara
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA