BERSAMA HIJAUKAN INDONESIA UNTUK GENERASI PENERUS BANGSA

Lombok merupakan salah satu pulau yang berada diwilayah Nusa Tenggara Barat. Keindahan pulau ini tidak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja namun juga wisatawan macanegara. Bukan hanya alamnya yang indah, tanahnyapun  juga  sangat  subur, sangat disayangkan apabila lahan yang subur ini dibiarkan tandus dan kering, padahal kita ketahui bersama bahwa tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan.  Keberadaan hutan di Lombok ini sendiri semakin hari semakin mengkhawatirkan, kegiatan ilegal loging yang dilakukan oleh oknum  yang tidak bertanggung jawab terus saja terjadi, walaupun pemerintah daerah dan aparat terkait telah melakukan berbagai cara untuk menghentikan aktivitas tersebut dengan memberikan  tindakan tegas bagi para pelaku ilegal loging, namun hal tersebut  masih saja terjadi, sehingga menyebabkan jumlah hutan yang ada di pulau Lombok ini semakin hari, semakin berkurang.  Selain aktivitas  Ilegal loging dan penjarahan yang mengancam keberadaaan hutan, alih fungsi hutan juga menjadi penyebab berkurangnya jumlah hutan diwilayah NTB khususnya di pulalu Lombok ini. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah telah membangun hutan tanam industri, hutan tanam rakyat serta kegiatan penghijauan.

Seperti  apa yang dilaksanakan oleh anggota Korem 162/WB dan Kodim 1606/Lobar pada hari Rabu 11 April 2018 diwilayah Dusun Lendang Damai Desa Mareje Timur Kec. Lembar Kab. Lobar menggelar kegiatan penghijauan. Dalam kesempatan tersebut Dandim 1606/Lobar Letnan Kolonel Czi Djoko Rahmanto, S.E. mengatakan bahwa  kegiatan penghijauan yang dilaksanakan ini,  tidak hanya untuk mendukung program pemerintah saja, namun juga bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. Seperti kita ketahui bersama bahwa bencana alam yang terjadi diwilayah Indonesia ini  khususnya di wilayah Kab. Lombok Barat disebabkan oleh kerusakan hutan, untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk memperbaiki lingkungan dengan cara melakukan kegiatan penghijauan sebagai langkah awal dalam penanggulangan kerusakan hutan dan sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. 

Mari kita bersama-sama melestarikan dan menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup anak dan cucu kita dan saya juga berharap agar kegiatan penghijauan atau budaya  tanam pohon seperti ini dapat terus diwariskan kepada generasi penerus secara berkelanjutan sehingga kelestarian alam terutama  hutan yang ada di NTB khususnya dipulau Lombok dapat terus terjaga karena hutan yang merupakan paru-paru dunia ini memiliki peran sangat penting bagi mahluk hidup yang ada di bumi ini. Dengan tema “BERSAMA HIJAUKAN INDONESIA UNTUK GENERASI PENERUS BANGSA” diharapkan kegiatan penghijauan yang dilaksanakan pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Hadir dalam  kegiatan penghijauan  tersebut Dandim 1606/Lobar Letkol CZI Djoko Rahmanto,  S.E., Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB, PLT Bupati Lobar, Kapolres Lobar, Kepala  KPH  Rinjani Barat, Kasiter Korem 162/WB, Kasad Polair Polda NTB, Kasad Pol PP Lobar, Camat Lembar, Kades MarejeTimur,  Tokoh masyarakat dan Pelajar.**twinbot
Share:

0 comments:

Post a comment

Kawali TV

Blog archive

Recent Posts

BERITA