Sambil Gowes, Danrem 162/WB Pantau Penerapan Protokol Covid-19 Di Beberapa Pasar

Image
Mataram – Guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di masa pandemi, Komunitas Sepeda Korem 162/WB Wira Bhakti Cycling Club, melaksanakan olahraga gowes yang dipimpin oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, yang berjarak tempuh sejauh 54 km dengan titik start di kabupaten Lombok timur dan finish di Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Jumat (3/7/2020).

Pada kegiatan tersebut, Forkopimda Lotim juga ikut gowes bersama Danrem 162/WB dari titik start depan BRI Cabang Selong sampai di cek point Pasar tradisional Pao Motong Kabupaten Lotim, di sini Danrem 162/WB malaksanakan pembagian masker dan sosialisasi protokol covid-19 kepada masyarakat, Setelah itu Danrem bersama Wira Bhakti Cycling Club melanjutkan gowes menuju cek point berikutnya di pasar Tradisional Jelojok Lombok Tengah.

Setelah memantau dan berdialog dengan masyarakat di pasar Jelojok kabupaten Lombok Tengah, Danrem 162/WB dalam wawancaranya dengan awak media mengatakan, olahraga bers…

Babinsa Koramil Ropang Bersama Warga Bersihkan Saluran Irigasi


Sumbawa Besar - Babinsa Tatebal Koramil 1607-03/Ropang Koptu Awan Darmawan bersama warga Desa Tatebal Kecamatan Lenangguar Kabupaten Sumbawa melaksanakan gotong-royong membersihkan saluran irigasi lahan pertanian masyarakat setempat, Selasa (11/6).


Gotong royong tersebut juga dihadiri Kepala Desa Tatebal Subiyantoro bersama para petani yang selama ini aktif menggunakan saluran irigasi tersebut untuk mengairi sawah mereka pada musim tanam. 


Disela-sela gotong royong, Kades Tatebal menyampaikan kondisi saluran air ini sudah ditumbuhi rumput dan lumpur yang mengakibatkan saluran irigasi menjadi dangkal sehingga perlu dilakukan pembersihan untuk kelancaran air irigasi menuju lahan pertanian masyarakat.


"Gotong-royong ini dilakukan oleh warga dibantu Babinsa bersama Pemdes sehingga sangat efektif untuk mempercepat proses pengerjaannya", ujar Kades.


Terpisah, Dandim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., mengatakan kegiatan yang dilakukan Babinsanya tersebut sebagai bagian daei kegiatan Upsus swasembada pangan seperti yang dicanangkan Pemerintah melalui program Nawacita.


"Hingga hari ini, satuan Kodim selaku pelaksana satuan teritorial ditingkat daerah masih tetap konsent terhadap program Nawacita khususnya swasembada pangan mengingat adanya MoU antara pimpinan TNI dengan Menteri Pertanian," jelas Dandim.


Terkait dengan program swasembada pangan, sambungnya, pihaknya juga ikut membantu Sub Divre Bulog dalam pemenuhan serap gabah petani (Sergap) di wilayah Sumbawa dengan target sekitar 43.800 ton selama satu tahun.


"Insya Allah, kita tetap proaktif membantu petani dengan melakukan pendampingan secara bertahap dan juga hasilnya dilaporkan secara berkala kepada pimpinan ditingkat atas," ujarnya meyakinkan.


Selain itu, Samsul sapaan akrabnya juga berharap agar setiap permasalahan terkait dengan kelancaran swasembada pangan ini segera dikoordinasikan dan dikomunikasikan mulai dari tingkat kelopmpo tani (Poktan) maupun gabungan kelompok tani (Gapoktan) dibantu Pemdes dan Babinsa sehingga memperoleh solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.**Fadli

Comments

Popular posts from this blog

10 Bunga dan Tanaman Untuk Penangkal Ilmu Santet Atau Mengatasi Ilmu Santet

Bangle, Sang Tanaman Ajaib Anti Bakteri dan Virus

Khasiat daun bidara | mengobati santet | obat ampuh | kapsul Ruqyah | mengobati gangguan jin syetan.