Danrem 162/WB Pendidikan Awal Bela NegaraTingkatkan Eros Kerja Bangun Karakter Berwawasan Kebangsaan

Bela negara merupakan suatu hak dan kewajiban seluruh komponen bangsa yang diatur dalam isi Pembukaan UUD 1945, yakni Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 30 ayat (1) serta Pasal 9 Undang-Undang Nomor  3 Tahun 2002  tentang pertahanan negara yang berbunyi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.  Pendidikan bela negara bagi seluruh warga negara adalah hal yang penting dan tidak dapat ditawar lagi. Pendidikan bela negara dipandang relevan dan strategis, di samping untuk pembinaan pertahanan negara juga berguna untuk meningkatkan pemahaman dan penanaman jiwa patriotisme dan cinta Tanah Air.

Korem 162/WB sesuai dengan tugas pokoknya dibidang teritorial salah satunya melakukan pendataan dan pembinaan terhadap seluruh komponen bangsa untuk menciptakan ruang, alat dan kondisi perjuangan (Rak juang) yang tangguh dibidang pertahanan.
Di lingkungan pekerjaan, pembinaan kesadaran bela negara diberikan kepada para pegawai  dengan  tujuan agar kesadaran bela negara dapat disosialisasikan dan diinternalisasikan di lingkungannya masing-masing, sehingga nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat pentingnya kesadaran bela negara bagi setiap warga negara, untuk itu Korem 162/WB kembali  menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bela negara yang diikuti oleh karyawan PT. Aman Mineral Nusa Tenggara. Kegiatan pembukaan Diklat Bela Negara PT. AMNT Gel. V tahun 2018 ini dilaksanakan pada hari Selasa 9 Oktober 2018 bertempat di lapangan Makorem 162/WB. 

Bertindak selaku inspektur upacara dalam kegiatan tersebut yaitu Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos.,S.H.,M.Han. Dalam sambutannya Danrem menyampaikan bahwa hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri. Dalam hal ini, PT. AMNT yang merupakan salah satu badan hukum  yang  bergerak  dibidang pertambangan harus memiliki kesadaran akan pentingnya Pendidikan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.
Adapun tujuan dari Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini adalah untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri ataupun kelompok, menghilangkan sikap negative seperti malas, apatis, boros, egois, dan tidak disiplin. Membentuk sikap disiplin akan waktu, aktivitas dan juga pengaturan kegiatan lain. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk perilaku jujur, tegas, adil, serta kepedulian antar sesama. Dan membentuk jiwa kebersamaan serta solidaritas antar sesama rekan seperjuangan serta untuk membentuk mental dan juga fisik yang tangguh.

Danrem 162/WB juga menekankan kepada seluruh peserta agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga ilmu yang diperoleh selama mengikuti kegiatan ini dapat mendukung tugas pokok para karyawan sekalian di tempat kerja dan dapat menjadi pelopor dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air/bela negara dilingkungan masing-masing.  Danrem berharap pelaksanaan Diklat Bela Negara PT. AMNT Gel. V ini dapat lebih baik dari sebelumnya, sehingga para peserta Diklat Bela Negara ini dapat menjadi karyawan yang profesional**Twinbot

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kawali TV

Blog Archive

Recent Posts

BERITA