» » Gubernur Jabar Mengawal Peletakan Batu Pertama Pembangunan PSDKU UNPAD di Pangandaran

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan menyaksikan langsung penyerahan hibah tanah dari Pemda Kabupaten Pangandaran kepada pihak Universitas Padjadjaran sebidang tanah di, Blok Pasir Kadu, Dusun Gunung Tilu Desa Cintaratu Kecamatan Parigi, seluas 33 hektar, sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran (Unpad) di Pangandaran. (31/3)

Berdasarkan masterplan dan Detail Engineering Design (DED) yang sudah ada, area kampus PSDKU Unpad Pangandaran, nantinya akan dibangun dengan mengelilingi ceruk batu yang telah ditetapkan sebagai zona hijau kampus, ini terdiri dari zona akademik dan zona penunjang akademik.

Beberapa bangunan, seperti gedung akademik, ruang praktikum, pusat kegiatan mahasiswa, masjid, asrama mahasiswa, area olahraga, asrama dosen, serta tempat penginapan untuk umum, akan dibangun pada dataran tinggi ditambah berbagai fasilitas ruang terbuka, seperti taman, jalur telusur hutan (forest walk) dan gardu pandang.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan, bangunan kampus ini, akan berciri khas menjadi “kampus pantai” dengan memanfaatkan ruang-ruang terbuka hijau.

“Untuk tahap pertama rencananya akan dibangun satu gedung kuliah, laboratorium, satu gedung pusat administrasi, satu gedung asrama dan satu gedung multi fungsi.”terang Tri.

Tri menambahkan, selain menjadi area kampus, wilayah ini juga akan dijadikan tempat konservasi dengan tetap konsisten dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP).

Adapun program studi yang dibuka di PSDKU Unpad Pangandaran, lanjut Tri, jenjang Sarjana Administrasi Bisnis (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Peternakan (Fakultas Peternakan), Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Komunikasi), Keperawatan (Fakultas Keperawatan), dan Perikanan (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan).

“Kelima program studi ini merupakan prodi yang memiliki peminat tinggi untuk SNMPTN dan SBMPTN yang proses pembelajarannya dilakukan di Pangandaran. “jelas Tri.

Sementara dalam sambutannya Bupati pangandaran , H. Jeje Wiradinata, berharap dengan dibangunya kampus PSDKU Unpad di Desa Cintaratu ini, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pelayanan pendidikan yang lebih baik. Begitu juga dengan pembangunan Unpad Pangandaran yang didesain dengan sentuhan arsitektur modern didukung lokasi yang berada di wilayah pegunungan yang masih alami.

“Saya yakin dengan adanya Unpad di pangandaran akan mampu menjadi sebuah perguruan tinggi yang berkualitas serta menghasilkan lulusan yang berkualitas pula. “kata Jeje.

Masih di tempat yang sama, Gubernur Jawa barat, H. Ahmad Heryawan mengatakan, pendirian PSDKU untuk unpad dan ITB di Jawa Barat serentak bisa dilaksanakan lebih cepat dibanding daerah lainnya

Heryawan mengatakan, kampus ini akan menjadi kampus yang unik dan megah karena akan di desain sebagai kampus pantai dengan pendidikan merupakan unsur yang paling utama dalam mengembangkan sumber daya manusia.

“Saya meminta kepada semua pihak untuk bersama-sama mendukung agar pembangunan PSDKU Unpad Pangandaran ini bisa berjalan lancar.

“Karena dengan terwujudnya pembangunan Unpad Pangandaran ini nantinya bisa meningkatkan sumber daya manusia, khususnya generasi penerus putra putri pangandaran. “ungkap Heryawan. (Tn)

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini