» » Rawa Pening


Rawa Pening merupakan nama dari sebuah danau yang menjadi salah satu tempat rekreasi favorit di Semarang, Jawa Tengah. Kata Pening berasal dari kata bening yang memang airnya bening, sementara itu danau rawa pening menempati 4 kecamatan, yaitu: Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru yang berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. 
 Tempat ini menjadi salah satu obyek wisata populer di ambara sejak dibukanya pada bulan agustus tahun 2012. Dihadapan rawa pening terdapat bukit kecil dan bernama bukit cinta rawa pening sementara di pinggir danaunya ditulisi gembok cinta Bagi sebagian masyarakat, danau rawa pening dimanfaatkan tempat mencari ikan. Maka tak heran jika banyak perahu-perahu kecil berada di sekitar danau. 

Danau seluas kurang lebih 3000 hektar ini juga ditumbuhi oleh enceng gondok yang bermanfaat sebagai tempat favorit ikan untuk berlindung dan sumber makanan. Eceng gondok sendiri banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kerajinan tangan, seperti dibuat sendal, dibuat wadah-wadah dan banyak lagi manfaat dari eceng gondok ini. 
Air rawa pening kadang surut kadang juga rob, saat terjadi kemarau air akan berkurang secara signipikan, namun jika musim hujan, airnya cukup banyak.
Wisatawan yang hadir ke rawa pening kebanyakan dari daerah sekitar, mungkin ini masih belum terlalu banyak promosi. Biasanya kebanyakan pengunjung hadir saat hari libur seperti sabtu dan minggu, selain hari itu pengunjungnya sedikit. Ikan asli dari rawa pening dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijual, seperti citul atau berenyit, dan wader atau beunteur, ini digoreng tepung dan diperdagangkan.

Pemirsa itulah ulasan mengenai rawa pening, kawalitv.com datang dan menikmati suasana rawa pening yang asri. Jangan lupa like dan subscribe ya 

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini