» » Utusan Kabupaten Ciamis mendapat Tiket ke Final Dalam Lomba Cerdas Cermat Perkoperasian Wilayah Priangan Timur


Setelah sebelumnya berlangsung di tiga wilayah yakni wilayah Bogor, Purwakarta dan Cirebon, giliran Kabupaten Ciamis menjadi tuan rumah penyelenggaraan lomba cerdas cermat antar gerakan pramuka se Priangan Timur yang dilaksanakan pada hari Sabtu 18 Mei 2016 bertempat di Aula SMKN 1 Ciamis. Tema kegiatan tersebut adalah “Sosialisasi Perkoperasian di Kalangan Gerakan Pramuka Melalui Lomba Cerdas Cermat Perkoperasian dan Perbankan Tingkat Jawa Barat 2016”.
Peserta lomba merupakan enam regu yang mewakili Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten termuda Pangandaran yang turut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Lomba cerdas cermat dalam rangka Hari Koperasi ke 69 terselenggara atas kerjasama antara Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinwil) Jawa Barat, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat serta Bank BJB.
Hadir dalam acara tersebut Ketua Dekopinwil Jawa Barat Drs. H Mustofa Djamaludin, M.Si. yang memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Mustofa menyampaikan pentingnya generasi muda Indonesia memahami perkoperasian yang dimiliki, dikelola serta dimanfaatkan oleh para pemiliknya sendiri sehingga generasi muda memiliki idealisme perkoperasian yang kuat dan diharapkan mampu melanjutkan perjuangan dalam mengembangkan perkoperasian khususnya serta bidang-bidang yang lainnya. Hadir pula wakil ketua Kwarcab Ciamis Nanang Permana yang juga sebagai Ketua DPRD Kabupaten Ciamis.
Penanggung jawab kegiatan dari unsur Dekopinda Kabupaten Ciamis Toto Tobari, S.Ag, M.Si, ketika dikonfirmasi mengatakan kegiatan semacam ini perlu terus dikembangkan guna mencetak generasi muda yang kreatif, inovatif serta didukung dengan sisi keilmuan yang memadai, mengingat tingkat persaingan dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Globalisasi diperlukan sumberdaya manusia yang tangguh, berwawasan ke depan serta mampu menggali dan mengembangkan potensi. Di tempat terpisah ketua Dekopinda Kabupaten Ciamis H. Maman Hidayat, S.Pd menyambut baik pelaksanaan lomba cerdas cermat tersebut. “Saya berharap melalui cerdas cermat ini akan lahir generasi muda yang memahami konsep perkoperasian yang ideal dan mampu mewujudkan kemampuannya dalam kehidupan perkoperasian, mengingat bahwa koperasi merupakan amanat konstitusi” ujar Maman mengakhiri percakapannya.
Setelah dilakukan pengundian dan arahan dari dewan juri, seluruh regu bersiap serta menunjukkan keseriusannya untuk bertanding. Dalam perjalanannya, utusan Kabupaten Ciamis yang diwakili oleh 3 orang siswa siswi SMKN I Ciamis yang menempati meja Regu C berhasil memperoleh nilai tertinggi sejak kompetisi dimulai melalui pertanyaan limpahan dari kelompok lainnya. Sampai berakhir lomba utusan Kabupaten Ciamis mampu mempertahankan perolehan nilai sebesar 2.100 sehingga keluar sebagai pemenang pertama yang berhak mewakili Priangan Timur untuk mengikuti babak final yang akan dilaksanakan di Bandung Juli mendatang dengan peserta lainnya dari utusan wilayah Bogor, Purwakarta, Cirebon dan wilayah Bandung. Sedangakan utusan Kabupaten Garut dan utusan dari Kota Banjar pada akhir lomba memperoleh nilai yang sama sebesar 1.050 sehingga panitia menambah 3 soal rebutan kepada 2 regu tersebut untuk menentukan pemenang kedua dan ketiga. Dalam babak rebutan tersbut utusan Kabupaten Garut berhasil mengungguli lawannya dengan perolehan nilai 1.150 dan berhak merai gelar pemenang kedua dan utusan Kota Banjar sebagai pemenang ketiaga tetap dengan nilai 1.050.
Diakhir acara, perwakilan dari Bank Jabar Banten berkenan memberikan cinderamata dan uang pembinaan kepada seluruh regu peserta lomba. Sementara untuk pemenang pertama, kedua dan ketiga berhak mendapatkan trophy dan uang pembinaan dari penyelenggara. **HH-Lpkdcms

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini