» » KARENA BATU AKIK ANAK SEKOLAH BISA BELI MOTOR SENDIRI


Inilah pengrajin batu akik dari Sukabumi, dia generasi ke empat turun temurun dari sesepuhnya.M Syarif Hidayatullah namanya. Dirinya sudah menggeluti profesi ini sejak puluhan tahun, M Syarif melanjutkan pekerjaan dari keluarganya, karena kakeknya adalah salah satu pendiri paguyuban batu akik yang ada di Rawabening Jakarta.
Dari penghasilan membuat batu akik ini, Syarif sudah mampu menggaji karyawannya antara 5 sampai 10 juta perbulan. Kini karyawannya mencapai 140 orang, mereka terdiri dari anak muda, orang tua, bahkan anak-anak sekolah ikut juga membantu untuk menambah uang jajan. Hebatnya anak-anak sekolah ini bukan hanya mendapat uang jajan tapi mereka banyak yang sudah mampu membeli motor dari hasil kerja jadi pengrajin batu akik ini. Selain orang-orang tadi, ada juga Ibu-ibu yang bekerja, mereka melakukan finising.
Lokasi pengrajin batu akik  ini berada di kampung Garduh, kampung ini tidak banyak dikenal orang, kampung ini berjarak 45 km dari pusat kota Sukabumi, namun hasil karyanya sudah diekspor ke luar negeri seperti Singapur, Arab Saudi, Malaysia, Cina bahkan Amerika. Dalam satu hari mereka bisa menghasilkan 2000 buah batu ali, nah untuk penjualannya mereka sistim kodian, bukan bijian.
Semenjak ramainya batu akik, maka penghasilan mereka semakin meningkat, jadi didunia mereka tidak ada krisis. Hebat….** Fadli




TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini