» » OBJEK WISATA SITU SANGHYANG ALTERNATIF TUJUAN WISATA KELUARGA

Setiap Hari Libur pengunjung membludak.
Tanjungjaya.KTV.  Memotret potensi  pariwisata dan keragaman seni budaya yang tersebar hampir diseluruh pelosok daerah  dikabupaten Tasikmalaya, memang sudah selayaknya menjadi tujuan wisata utama di Jawa Barat. Secara bertahap Pemerinatah  Kabupaten Tasikmalaya terus berupaya melakukan penataan dan pengembangan disejumlah Obyek Wisata (OW) yang ada didaerah untuk lebih dioptimalkan sesuai dengan kemampuan anggaran Pemkab Tasikmalaya.
Salah satu Obyek Wisata yang kini dalam perencanaan pengembangan yakni  Situ Sanghyang. OW Situ Sanghyang  yang berjarak sekitar 27 Km dari pusat kota Tasikmalaya menjanjikan suguhan Panorama indah sebagai salah satu tujuan wisata keluarga.  Pengunjung bisa mengelilingi danau dengan menyewa Rakit ( Perahu dari bambu yang diikat) sekaligus melakukan perjalanan spiritual dengan menelusuri history  Situ Sanghyang  dan melihat keberadaan  situs makam keramat Eyang Prabu Linggawastu.  Bahkan pengunjung pun kembali dimanjakan dengan berbagai fasilitas yakni tempat pemancingan Ikan,  Gazebo dan area camping .
Bahkan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah menyediakan bangunan ruang publik  yakni  Bale untuk ruang Informasi pariwisata dan kebudayaandiantaranya yang  disebut Bale pinton, Bale lokananta dan lokananti juga disediakan bangunan Musola dan Wc.
Obyek Wisata (OW) Situ Sanghyang yang memiliki keindahan panorama alamnya dikatakan Pengelola OW Situ Sanghyang Ase Saefudin, kedepannya  akan menjadi tujuan wisata keluarga khususnya bagi para pengunjung yang ada di Tasikmalaya umumnya diluar Tasikmalaya. Guna menarik minat pengunjung melirik ke Situ Sanghyang ujarnya, diperlukan sarana lain untuk memanjakan pengunjung itu sendiri, misalnya penambahan fasilitas lainya yakni sarana wisata air bagi keluarga.
“ Banyak pengunjung yang datang  ke Situ Sanghyang terutama pada tiap hari libur. Jumlahnya pun teritung banyak sekitar lk 200 orang,” ujarnya beberapa waktu lalu dilokasi.
Selain perlunya penambahan fasilitas  dalam memanjakan keluarga ,sarana infrastrukur jalan menuju ke lokasi OW Situ Sanghyang  berlokasi  di Desa Cilolohan dan Desa Cibalanarik kecamatan Tanjungjaya, sekitar lk 1 km dari jalan utama masih perlu diperbaiki.
Ditempat terpisah, sekdes Cibalanarik Nandang menambahkan, disamping  dari segi penataan dan pengelolaannya, dirinya sependapat perlunya penambahan fasilitas berupa  sarana wisata air.
“ saat ini dalam memanjakan pengunjung ketersediaan sarana wisata air masih bersifat tradisonal,” ungkapnya sembari menjelaskan perlunya penambahan sarana penerangan disetiap titik lokasi dan penyediaan lahan parkir yang refresentatif.  ***( Rusdianto) 

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

1 komentar:

Banner iklan disini