» » MENUMBUHKAN POLA HIDUP SEHAT


Menumbuhkan  pola hidup sehat  Terciptanya  Lingkungan Sehat
Pergantian cuaca yang tidak menentu kadang diiringi timbulnya berbagai penyakit yang menyerang masyarakat. Salah satunya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk disebut dengan penyakit yang berbasis lingkungan. Pola hidup bersih dimasyarakat akan membantu mengurangi tingkat populasi penyakit tersebut. Semakin bersih lingkungan di sekitar kita semakinkecil pula populasi nyamuk sehingga semakin kecil kemungkinan digigit nyamuk.  Beberapa Jenis penyakit yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk dan dapat menular diantaranya, Malaria, Demam berdarah  dengaue (DBD), Filariasis ( penyakit kaki gajah),Chikungunya,  dan Encepalitis.
Setiap pergantian cuaca  seringkali timbul berbagai penyakit seperti dikatakan Kepala  UPTD Kesehatan Kecamatan Sukaraja , Doni Sudrajat S.Ip, Menumbuhkan kesadaran dalam diri masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan  dengan menciptakan  lingkungan yang sehat bukan sesuatau yang gampang. Mewabahnya penyakit yang timbul salah satunya yang diakibatkan oleh nyamuk membuktikan  kurang tanggapnya masyarakat akibat lemahnya kesadaran dalam menciptakan lingkungan yang sehat .
Partisifasi warga dibidang kesehatan  masih lemah. Ketika ada warga yang terjangkit  pihak masyarakat maupun aparat desa harus cepat tanggap, jangan sudah mewabar baru turun tangan. Kejadian ini  membuktikan  masih lemahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan,” ujarnya.  Bila mengandalkan Fogging tidak cukup,  Foggging hanya bisa  membunuh induk nyamuk ,nyamuk dewasa saja sementara jentiknya tidak mati .
“ Masyarakat harus aktif membersihkan lingkungan .Menciptakan  lingkungan yang bersih bukan hanya tugas petugas kesehatan saja, tapi  semua pihak harus sama-sama proaktif,” imbuhnya. Guna mencegah agar tidak terserang penyakit  mulailah dari diri kita dengan mulai menciptakan pola hidup sehat dimasyarakat , pungkasnya. ** ( Rusdianto)

TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini