» » MAKANAN ABAS KULINER KAWALI


Kuliner yang cukup booming di tatar Priangan adalah Abas, lokasinya yang dipinggiran sawah, di kaki gunung Sawal serta pemandangan langsung ke puncak gunung dan Situs Astana Gede Kawali, membuat Rumah Makan Abas terkenal ke seantero Priangan.  
Siapa sangka, Abas (65) warga Dusun Singandaru, Desa Kawalimukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, suami dari Ocoh (62), kini terkenal karena diantaranya menjadi juragan rumah makan yang terkenal ini.  Abas menjelaskan, awal mulanya pada tahun 80 an, dirinya kerja sebagai tukang sapu di bioskop Rambati Rata Kawali, selama 11 tahun. Kemudian mulai buka warung nasi tahun 1997 yang diawali dengan beras 2 kg, meningkat jadi 5 kg. Menurut bapak  dua anak ini, lama kelamaan pembeli semakin bertambah, karena pembeli semakin banyak dan antri.
“dulunya mah biasa saja, saya jualan nasi cuma sambilan, tapi lama-lama banyak peminatnya, jadi ya saya makin tambah jumlah nasi bungkusnya, tadinya hanya sampai sore, kemudian meningkat sampai jam 12 malam, tapi sekarang mah sampai 24 jam kami teh buka” ujar Abas
Untuk berasnya kini bisa habis 60 kg per hari, ayam 40 kg perhari, sementara yang lain hanya bala-bala, pete dan sambel goang. Resepnya tidak ada yang istimewa, namun entah mengapa banyak yang suka, mungkin suasana dan harga yang tidak terlalu mahal yang membuat orang banyak datang.
Menu makanan yang disajikan adalah nasi timbel, ayam kampung, bandeng pindang, kikil, ikan mas goring, pepes ikan dan ayam, bala-bala, tempe dan sambal goang.
Apa sih uniknya, ternyata masakknya masih pake tungku, bungkus daun pisang, pete, dan hmmm, lihat dan nikmati saja langsung.
“Menu mah tidak ada yang special, biasa aja, kami punya resep, harga miring, alhamdulilah dari mana-mana pada datang, kami juga alhamdulilah bisa berangkat haji” ucapnya
Oleh (50) asal Rajadesa, mengaku sering makan disini, karena harga murah, ada ciri sambel cabenya enak, nyaman tempatnya.
“Kadang kami bawa keluarga, sengaja makan disini” katanya. **hend/wsn/ktv






TENTANG KawaliTV

Yayasan Bentang Kawali Cemerlang
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Balasan

Banner iklan disini